Sunday, May 8, 2016

Membuat Foto Lebih Dramatis dan Keren di Android dengan Snapseed

Welcome bro,

Anda pasti tahu kan, aplikasi yang biasanya digunakan untuk menyunting foto. Mungkin sebagian dari anda akan menjawab photoshop.

Anda tidak salah bro, namun photoshop bukanlah satu-satunya aplikasi yang mampu memberi sentuhan ajaib di foto anda.

Masih banyak aplikasi lain yang lebih simple, mudah digunakan, bahkan tersedia di ponsel pintar kita.



Snapseed, merupakan salah satu aplikasi yang tersedia di ponsel pintar kita bro.  Tampilannya yang simpel dan unik membuat mata kita nyaman dan betah berlama-lama dalam mengedit foto untuk hasil yang lebih maksimal. Fiturnya juga tidak kalah menarik bro. Bayangkan saja, aplikasi ini mampu mengubah foto kita menjadi fenomenal dalam hitungan detik.



Wah kenapa bisa begitu ya?

Iya tentu bisa bro. Aplikasi ini didesain khusus untuk mobile device seperti ponsel kita. Kelebihannya, kita hanya perlu melakukan beberapa colekan untuk membuat snapseed bekerja seperti apa yang kita inginkan. Menu-menu nya juga tidak membuat pusing kepala, mengingat aplikasi ini dirancang untuk touch-ui.

Apa saja yang bisa kita lakukan?

Walau tampilan menunya terbatas, sebenarnya ada banyak hal yang bisa anda lakukan dengan aplikasi ini. Penasaran? Mari kita jabarkan.

1. Koreksi foto menggunakan Tune Image

Pencahayaan merupakan elemen penting dalam fotography. Namun apa jadinya jika foto yang kita ambil ternyata kurang cerah, atau malah terlalu cerah? Ya kita bisa memanfaatkan fitur snapseed yang satu ini bro.

Fitur ini sebenarnya sudah ada pada aplikasi-aplikasi sejenis lainnya. Namun ada beberapa hal yang memang bakal membuat kita betah di snapseed. Salah satu dari hal ini adalah user experience bro. Ya seperti yang saya katakan tadi, aplikasi ini sangat ramah di jari kita. 

2. Memperbaiki detail foto

Detil foto memiliki peran yang sangat penting untuk citra foto kita. Dengan detil yang bagus, foto kita dapat terlihat lebih elegan. Bayangkan saja jika foto yang kita unggah di media sosial itu kusam dan kurang tajam, tentu akan dilewati begitu saja oleh calon viewers kita.. hahah

Nah, dengan fitur ini, kita bisa memperbaiki detil foto dengan menambah nilai struktur foto dan mempertajamnya dengan sharpening tool. Sehingga, foto orang-orang akan salah mengira kalau foto ini diambil menggunakan kamera DSLR bro.

3. Cropping foto

Terkadang ketika kita mengambil gambar, ada saja hal-hal yang tidak diinginkan masuk kedalam komposisi foto kita. Entah hal ini tidak disengaja, atau sengaja untuk proses editing. Nah dengan fitur yang satu ini, kita dapat memotong foto sesuai keinginan, namun jika tidak yakin, kita bisa memanfaatkan preset aspect ratio yang ada. 

4. Rotate

Sebuah foto tentu memberi kesan artistik tersendiri jika memiliki kemiringan yang tepat. Namun bagaimana jika foto kita miringnya ngawur?



Tentu saja yang melihatnya akan kesal atau malah membuat orang sakit kepala. Dengan fitur ini, kita bisa memperbaiki atau menambah kemiringan sesuai selera kita. 

5. Memperbaiki sudut pandang dengan transform tool

Sudut pandang yang baik adalah awal dari foto yang indah, kira kira begitu kata orang.. hahaha. Tapi ada benarnya juga bro, jika foto kita memiliki angle yang baik, maka semakin terlihat menawanlah foto kita. 

Dengan tool transform di aplikasi ini, kita bisa memperbaiki sudut pandang dengan menambah nilai pada vertical, horizontal perspective, bahkan rotasi nya. Hebatnya lagi, snapseed mampu mengisi blank space atau spasi hitam yang disebabkan oleh transform tadi, secara otomatis bro! Memang aplikasi dambaan editor foto bro..

6. Koreksi foto dengan mencoleknya saja menggunakan brush

Ada momen dimana ketika anda memotret, foto yang dihasilkan belang atau memiliki kecacatan di beberapa bagian. Tentu hal ini akan membuat anda pusing dan lebih memilih untuk memperbaiki foto pada software ternama bernama Photoshop. Tapi, jangan tergesa-gesa dulu, karena snapseed sudah memperhitungkan segalanya.

Sebetulnya fitur ini mirip dengan tool tune image. Namun terdapat perbedaan implementasi pada kedua tool ini. Dengan brush tool, kita dapat mengkoreksi foto di bagian yang kita kehendaki saja. Bagaimana caranya? Ya dengan memilih parameter yang ingin kita sesuaikan, misalnya saja saturation, kita ubah dulu value nya, kemudian gosok pada area yang ingin diperbaiki, dan voila! foto anda sudah lebih baik

7. Koreksi foto dengan menandainya menggunakan selective tool

Fitur ini kurang lebih mirip seperti brush, namun kita hanya perlu menandai spot atau area yang perlu diperbaiki, tidak menggosoknya. Parameter yang ada juga berbeda, seperti brightness, contrast dan saturation, sedangkan pada brush terdapat dodge&burn, exposure, temperature, dan juga saturation.  

8. Memperbaiki kecacatan menggunakan healing tool

Fitur ini sebetulnya sangat mirip cara kerjanya dengan clone stamp tool di photoshop. Ketika objek foto kita cacat atau kehilangan beberapa bagiannya, kita bisa mengakalinya menggunakan tool ini. Pada prinsip dasarnya, healing mengambil sampel pada area tertentu lalu menempelkannya di tempat yang kita inginkan agar objek foto tidak cacat. 

9. Memfokuskan objek dengan Viginette

Viginette merupakan salah satu cara untuk membuat viewer foto kita lebih terfokus pada bagian tengah foto. Efek ini juga dapat membuat foto kita menjadi lebih dramatis. Pada aplikasi ini, tentu saja kita dapat membuatnya dengan beberapa usapan jari. 

10. Menambahkan filter fenomenal

Percayakah anda bro, bahwa filter dapat menciptakan nuansa di dalam foto? Jika tidak, sebaiknya anda mulai percaya, karena hal itu memang benar adanya bro. Sebuah filter dapat membantu membentuk sebuah nuansa sesuai karakter dari filter itu. Pemilihan filter yang tepat juga dapat memperkuat suasana. Dengan kombinasi filter, komposisi dan tema foto kita, kita dapat menyampaikan sebuah pesan melalui sebuah gambar bro. Mantap

Nah, di dalam snapseed, ada beberapa filter yang menakjubkan bro, diantaranya:
  • Lens Blur
  • Glamour Glow
  • Tonal Contrast
  • HDR Scape
  • Drama
  • Grunge
  • Grainy Film
  • Vintage
  • Retrolux
  • Noir
  • Black & White
  • Frames
Masing masing filter memiliki parameter sendiri. Jadi ketika kita mengaplikasikan sebuah filter, kita masih bisa mengatur itensitas dari parameter filter tersebut. Jadi semakin mantap saja..

Jadi itulah hal-hal yang bisa anda lakukan dengan Snapseed di ponsel anda. Semoga bermanfaat
Sekian dulu sharing kali ini bro, ditunggu saja artikel berkualitas lainnya.. hahah

akhir kata,
BYE

Bonus: Ini ada beberapa hasil dari foto yang sudah saya edit dengan snapseed bro :)

Extreme bro..

Wajah dan gunung biar kelihatan, walau low-res

Ehm...

Ini gunung bro..

Pantai bro

Saya dan gaya fenomenal saya

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.