Wednesday, May 3, 2017

Panduan Ampuh Periksa dan Perbaiki SD Card Tidak Terbaca di Smartphone

sdcard tak terbaca
Bagi pengguna smartphone masa kini, media penyimpanan external atau biasa dikenal dengan external SD card merupakan salah satu hal yang sangat penting. media penyimpanan ini merupakan komponen pendukung yang biasanya kita pasang pada smartphone, terutama jika kita memerlukan media penyimpanan tambahan ketika media internal sudah tidak mencukupi.

Walaupun media penyimpanan internal cukup besar, kadang-kadang kita sebagai manusia yang tidak pernah merasa puas tetap saja menambahnya untuk backup file-file penting.

Namun apa jadinya jika komponen yang satu ini mendadak tidak berfungsi dengan baik, terutama ketika ada data-data yang sangat penting didalamnya?

Tidak ada satupun kata-kata yang dapat menggambarkannya bro.

Maka dari itu, saya akan berbagi tips tentang cara yang bisa kita upayakan ketika berhadapan dengan situasi ini.

Ketahui Kondisi SD Card 

Kondisi SD card, merupakan awal dari skema troubleshooting SD card bermasalah. Dengan mengetahui permasalahan yang dialami SDcard, kita bisa menentukan perlakuan yang tepat untuk memperbaikinya.

SD card rusak? maksudnya seperti ini?
Credit: Joe Isaacs

Tentu saja jika kondisi sdcard nya rusak seperti di atas, Steve Jobs pun tidak akan mampu memperbaikinya. Bisa-bisa wajah kalian malah di lempari iPhone.

Nah, salah satu cara mudah dan ampuh untuk mengetahui kondisi SD card adalah dengan menghubungkannya dengan komputer.

Benar sekali bro, komputer itu ibarat ibu dari segala gadget yang kita miliki, dan apa yang orang-orang bilang tentang ibu?

Kalau kalian punya masalah, cerita sama ibu...

Oke, sedikit out of topic..

Namun analoginya tepat, secara semua gadget itu diprogram di komputer bro. Jadi kalau bermasalah ya bawa aja balik ke komputer

Nah, kembali ke poin permasalahan.

Saya anggap kalian pakai sistem operasi Windows. Ketika kalian memasukkan SD card tersebut menggunakan Card reader atau sejenisnya, apa yang terjadi?

Ada 3 kemungkinan...

1. SD card terdeteksi dan dapat dibuka di explorer

Nah, mari kita berpikir positif dulu. 10% dari total orang yang membaca artikel ini berhasil menemukan file-file nya pada tahap awal troubleshooting masalah ini. Lalu apa yang kita lakukan?

Jika kalian ada pada kondisi SD card ini, maka selamat, data kalian kemungkinan besar bisa diselamatkan!

Kalian cuma harus backup data tersebut dan lakukan format SD untuk memastikan tidak ada kesalahan format kedepannya, lalu coba pasang di smartphone lagi. Simple.

Namun, apa sebenarnya penyebab dari tidak terbacanya media ini pada smartphone? Ada banyak bro. namun saya bagi jadi 2.

Penyebab terbesar adalah masalah software dimana umumnya SD card tidak terformat secara benar, sehingga dapat di baca di komputer, namun tidak terbaca di sistem smartphone.

Bisa juga terjadi masalah pada hardware, dimana terdapat kelonggaran slot sdcard pada smartphone akibat sering cabut-pasang SD card.

Lebih baik kalian periksa semua hardware yang berhubungan dengan media penyimpanan ini supaya masalahnya jelas. Ingat-ingat lagi apakah smartphone kalian sempat jatuh sebelummnya.

Nah, kalau sudah menyangkut hardware, biasanya kalian harus perbaiki sendiri, atau di bawa ke tukang service.

2. SD card terdeteksi, namun tidak dapat dibuka di explorer

Kalau kalian merupakan salah satu orang dengan tipe masalah ini, selamat, masih ada kemungkinan data kalian bisa diselamatkan. 

SD card yang dapat dideteksi di komputer merupakan pertanda bahwa media penyimpanan tersebut masih berfungsi. Kita hanya perlu melakukan sedikit pembenahan pada file system untuk dapat di buka kembali. 

Caranya bagaimana?

Dengan memanfaatkan fitur Check Disk pada Windows.

Ada dua cara bro, yaitu cara mudah dan cara yang sedikit lebih advance. 

Cara mudah dapat dilakukan dengan klik kanan drive SD card kalian, dan klik properties. Pada tab device ada pilihan check disk, kalian bisa pilih pilihan itu.

Tinggal tunggu prosesnya bro...

Setelah itu, seharusnya SD card kalian sudah bisa di akses. Kalian tinggal lakukan backup dan format ulang SD card untuk memastikan. 

Kalau kalian mau cara yang sedikit advance, kalian bisa masukkan sebaris perintah pada command prompt atau cmd. Nah, perintah yang dimasukkan adalah 
chkdsk /f /r g:
Perintah di atas dengan asumsi bahwa SD card kalian berada pada drive G.

Jika kalian teliti, pada perintah tersebut terdapat opsi /f dan /r. Nah, opsi itu merupakan opsi tambahan yang wajib supaya SD card kalian dilakukan cek secara paksa dengan fitur auto-repair.

Kalau cara tersebut tidak mampu membuat SD card kalian terakses di windows explorer, maaf saja bro, kemungkinan data kalian terselamatkan lumayan tipis. Mungkin sudah saatnya kalian beli SD card baru yang terjamin kualitasnya.

Kenapa begitu?

Ya, saya sarankan kalian segera membeli SD card baru, karena saya tau segala sesuatu yang berhubungan dengan data pribadi kalian tidak ternilai harganya. Bayangkan jika kalian punya data penting yang tidak ada duanya, kemudian hilang akibat kerusakan SDcard yang notabene harganya sudah pada murah-murah sekarang.

Tapi jika kalian masih tetep kukuh mau pakai SD card yang kalian punya sekarang, tenang, masih ada cara penghabisan lainnya. Kalian bisa langsung format media penyimpanan tersebut dengan file system FAT32, dan lihat apa yang terjadi. Namun langkah ini akan menghapus semua data yang pernah ada di media tersebut.

Tetapi ibarat kata orang "ga ada ruginya", cara ini pantas dilakukan. Lagipula data tersebut memang sudah tidak bisa diselamatkan.

Jika cara ini berhasil, kalian bisa gunakan kembali SD card tersebut, tapi saya tidak sarankan ya bro, taruhannya data soalnya.

3. SD card tidak terdeteksi sama sekali

Nah, kalau kalian merupakan salah satu diantara mereka yang mengalami hal ini, tenang bro. Masih ada beberapa langkah lagi yang bisa kita upayakan.

Salah satunya adalah memeriksa apakah driver sdard pada komputer sudah kompatible atau tidak.

Kalian bisa masuk ke device manager dan lihat apakah ada tanda segitiga kuning pada driver sdcard.

Jika ada, kemungkinan driver yang digunakan tidak kompatibel dengan perangkat card reader kalian. Maka dari itu kalian perlu mengupdate driver tersebut. 

Jika SD card malah tidak ada di list, maka besar kemungkinan SD card kalian yang bermasalah. 

Cek apakah SD card kalian dapat dikenali di komputer lain. Jika masih tidak terdeteksi, kalian bisa coba membersihkan pin atau lempengan tembaga yang melekat pada SD card kalian.

Pin atau lempengan tembaga merupakan poin yang paling krusial di balik baik buruknya konektivitas memory card dengan smartphone kita. Kalau di media penghubung ini terdapat sesuatu yang menghambat arus pertukaran data, maka bisa dipastikan kalau ada masalah dalam mengenali dan membaca media penyimpanan data tersebut.

Penghapus pensil sangatlah ampuh membersihkan kotoran yang menempel pada pin SD card, terutama ketika kita sering pegang-pegang dengan jari kita yang penuh dengan kekotoran.

Nah, kalian bisa membersihkan lempengan tembaga ini dengan penghapus pensil. Cek juga slot SD card di komputer atau smartphone, apakah kotor atau tidak.

Setelah dibersihkan, 63% dari keseluruhan masalah SD card umumnya dapat terselesaikan. Kalian dapat mencoba memasukkannya kembali ke komputer.

Sayangnya, jika masih belum dapat terdeteksi, dengan berat hati saya sampaikan bahwa SD card kalian sudah tidak berfungsi. Terpaksa kalian harus membeli SD card pengganti yang baru.

Bottomline

Nah, itu dia panduan ampuh yang dapat kalian gunakan untuk memeriksa dan membenahi error yang terjadi pada SD card kalian. Jika kalian punya pengalaman sejenis, kalian bisa share di kolom komentar. Kalau ada pertanyaan juga bisa langsung kalian tanyakan di sana.

Sekian dulu sharing kali ini bro, semoga bermanfaat

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.