Friday, July 14, 2017

Cara Setting PPSSPP Full Speed: Monster Hunter Portable 3rd Android

Cara Setting Monster Hunter Portable 3rd PPSSPP Android Full Speed
Monster Hunter portable merupakan salah satu game terbaik yang ada di platform PSP bro. Game nya menarik, seru dan pantas dimainin sama orang yang merasa diri keren (situ keren?)

Saking bagusnya ini game, saya rela ngebuang waktu berharga yang saya miliki untuk menemukan settingan paling pas untuk game ini, demi bisa mainin game ini di smartphone bro.

Kalian juga punya masalah sama game ini? Tidak usah khawatir, kalian sedang membaca artikel yang tepat karena sekarang saya akan share tentang apa yang saya temukan dalam perjalanan mencari setting terbaik.


Ini bukan tulisan asal-asalan, apalagi copas dari artikel lain. Artikel ini terukur, apa adanya, dan tidak dibuat-buat untuk memancing pengunjung blog.

Ini adalah artikel original lainnya yang saya buat, demi pembaca setia blog ini. cieh..

Langsung saja kita mulai pembahasannya

Perhatian: untuk menjaga kemurnian settingan ini, disarankan kalian reset pengaturan terlebih dahulu. Ini bisa dilakukan dengan menghapus setting pada menu. Atau kalau tidak mau ribet, kalian bisa download settingan saya di akhir post.

Disclaimer: Saya tidak akan bertanggung jawab atas apapun yang terjadi dengan ponsel kalian setelah menerapkan tips pada artikel ini. Hal yang dapat terjadi meliputi dan tak terbatas pada: hp panas karena keasikan main akibat performa yang meningkat pada game. Do with your own risk :)


Ada apa dengan Buffered dan Non-Buffered Rendering?

Ketika kita browsing di internet untuk mencari settingan terbaik game ini, banyak yang menyarankan supaya kalian gunakan non buffered rendering bro.

Saya ga tau dasarnya apa, cuman asumsinya bahwa pilihan ini membuat proses render lebih cepat di PPSSPP.

Nah, setelah saya coba implementasikan ke game ini, ternyata non-buffered rendering tidak berbeda dengan buffered rendering dalam hal performanya, pada game ini lho ya.

Malah, jika kalian set non-buffered rendering, kalian akan mengalami kerugian dalam hal in-game experience.

Maksud saya begini...

Ketika di set non buffered rendering, pilihan auto-frameskip tidak akan bisa dipilih. Nah, untuk mendapatkan speed mendekati 100%, kalian harus set frameskip setidaknya 2 frame.

Dampaknya, game kalian akan selalu membuang 2 frame dan akan membuat game kalian terasa tidak smooth di seluruh gameplay, walaupun pada area yang ringan sekalipun.

Parahnya lagi, jika pada suatu ketika performa game semakin menurun, entah karena efek spesial yang dirender sedemikian rupa, non-buffered mode akan tetap membuang 2 frame yang mengakibatkan game speed drop alias tidak bertahan pada 100%.

Saran Saya

Kalian bisa pilih buffered rendering dengan autoframeskip 2 atau 3. Dengan begini frame skip secara otomatis diset sesuai kebutuhan.

Buffered Rendering dengan Auto Frameskip 3

Ketika performa game sedang bagus, maka autoframeskip membuang frame sesedikit mungkin, yang mana ketika performa game  menurun, frame yang dibuang akan lebih banyak. Dampaknya, game speed akan selalu bertahan pada angka 100% (playable).

Hardware Transform & Vertex Cache: Sang Penyelamat

Dua pilihan ini selalu bisa di andalkan, setidaknya pada semua game yang saya mainkan. Pilihan hardware transform membuat segala kalkulasi rumit yang dibutuhkan untuk rendering game dikerjakan pada Graphics Processor atau GPU ketimbang pada processor.

Graphics Hack yang minimalis

Sedangkan Vertex Cache adalah pilihan kompliementer Hardware Transform yang membuat bagian dari graphics termuat pada GPU dan akan digunakan kembali secara frame-to-frame jika datanya tidak berubah.

Kedua pilihan ini membuat performa game meningkat setidaknya 4 frame per detik (tanpa frameskip) atau sekitar 13,33%. Jadi saya rekomendasikan kalian gunakan kedua pilihan ini bro.

Software Skinning: Si Perusak Kesenangan

Pilihan ini merupakan pilihan yang ditujukan untuk meningkatkan performa pada game, namun tidak dengan seri Monster Hunter. Pilihan ini pada teorinya membuat proses skinning dilakukan dengan bantuan kalkulasi processor (CPU) yang mana seharusnya akan membantu performa pada smartphone kita ketika GPU menjadi bottleneck atau poin penghambat.



Namun, seperti yang saya bilang tadi, pada game seri monster hunter teori ini tidak berlaku, malah akan menurunkan performa sekitar 2 frame per detik (tanpa frameskip) atau 6,67% dari keseluruhan.

Jadi, untuk yang satu ini mending di nonaktifkan saja, seperti apa yang orang-orang sarankan juga.

Multithreading Akhirnya Mau Bantu!

Pada beberapa artikel sebelumnya, saya sempat bilang bahwa multithreaded process pada smartphone tidak efektif dilakukan, mengingat ponsel kita tidak begitu kuat untuk membagi dan menjalankan 1 thread menjadi beberapa thread kecil dan hanya akan menambah beban proses, tidak seperti pada desktop.

Multithreaded memberi dampak positif

Anehnya, pada game ini multithreaded process memberi dampat positif untuk performa game, yang mana menambah 1 frame tambahan perdetik (tanpa frameskip) atau sekitar 3.33% dari keseluruhan.

Apa mungkin sudah ada improvement dari PPSSPP ya?

Ah, saya tidak tau, yang penting performa game telah meningkat, sesuai dengan tujuan dibuatnya pilihan ini, Jadi ya saya bisa rekomendasikan kalian pakai juga.

Render pada 2xPSP Untuk Pengalaman Terbaik

Jika kalian tetap kukuh menggunakan non-buffered rendering, kalian tidak perlu mengikuti saran saya yang satu ini karena tidak akan membuat perbedaan sama sekali.

Namun, jika kalian ikuti saran saya untuk menggunakan mode buffered rendering, ada baiknya kalian baca penjelasan saya yang satu ini.

Ketika kalian memilih buffered rendering, tampilan game akan blur dan text percakapan pada game akan sulit dibaca. Ini adalah hal yang wajar, mengingat game akan terender pada 1xPSP secara default. 

Tapi kalian bisa memperbaikinya dengan memilih 2xPSP pada rendering resolution dan Auto pada display resolution.

Render & Display 2xPSP

Jangan takut performa drop dulu bro, kalian bisa coba dan lihat hasilnya. 

Pada ponsel saya, tidak ada penurunan performa yang terjadi bro, sama sekali tidak. Ini adalah salah satu keanehan yang ada pada PPSSPP. Jadi saya bisa sarankan kalian main pada resolusi ini juga.

BottomLine

Nah itu dia fakta-fakta yang saya dapatkan ketika melakukan pencarian setting terbaik untuk di game ini. Kalian bisa share pendapat dan pengalaman kalian di kolom komentar. Komentar terbaik akan mendapatkan piring cantik.. hahaha..

Oh iya, kalau mau download settingan saya, kalian bisa klik tombol di bawah ini..

Download Setting

Sekian dulu bro

Bye

Artikel Terkait

2 comments:

  1. pasangin setingan nya gimana bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. download file, terus taruh di dalem folder /psp/system

      btw settingan saya untuk versi non-HD, kalo punya bro versi HD saya ngga tau mau ke-load apa engga..
      tapi bro bisa coba pasang manual dengan panduan artikel ini,

      nih ada artikel buat install save data juga, beserta konfigurasi dan savestate, kali aja perlu:
      Cara install konfigurasi, savestate, dan save data di ppsspp android

      Delete

Powered by Blogger.