Thursday, April 28, 2016

Cara Setting PPSSPP Agar Tidak Lag dan Suara Jernih, Ampuh ! Dijamin Tangguh !

cara setting ppsspp supaya tidak lag
Seperti yang sudah dijelaskan pada postingan sebelumnya (silahkan baca disini), PPSSPP memerlukan penyesuaian setting berdasarkan kemampuan ponsel pintar kita agar mampu running game dengan maksimal.

Nah, settingan tersebut juga berbeda-beda di setiap game. 

Kenapa bisa begitu? 

Saya juga kurang paham sebenarnya, tapi mari kita mengerti dulu bahwa cara dari beberapa game menampilkan efek visual itu beda-beda.

Ibarat game desktop di komputer kita, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Ya disini juga sama. 

Intinya, disini kita akan mencoba mengatur bagaimana PPSSPP me-render game kita.

Baca Juga: PPSSPP lambat, mungkin saatnya kalian coba aplikasi ini!

Satu lagi, aplikasi ini jika pengaturan ppsspp nya tepat dan pas dengan game, maka hasilnya positif, bisa nambah performa, bisa juga menambah estetika tanpa pengurangan performa yang signifikan.

Tapi, kalo salah setting bisa berabe, nge-glitch lah, ga nampak lah, nge lag lah, dan seterusnya. 

Maka dari itu, penting untuk mengetahui apa saja fungsi dari setting yang kita ubah.

Tentu saja, tutorial kali ini dapat diterapkan untuk semua versi PPSSPP, baik yang PPSSPP gold maupun yang biasa.

Dan guide ini akan berguna bagi:
- kalian yang belum memahami cara kerja settingan PPSSPP 
- kalian yang mau tau tentang settingan PPSSPP lebih dalam
- mereka yang sudah putus asa dengan performa gamenya
- mereka yang gila performa, sehingga bisa pamer sama temen-temennya

Sebelum memulai baca, ada baiknya saya infokan dulu, kalau yang namanya framerate dan speed itu adalah dua hal yang berbeda di sini.

Framerate itu mengacu pada berapa frame yang bisa ditampilkan dalam 1 detik. 

Kalau Speed itu mengacu pada seberapa lancar game kita. 

Percaya aja dulu, nanti dijelaskan lebih lanjut. 

Sip.

Nah, apa saja yang bisa kita lakukan? diantaranya:

Aktifkan Frameskipping
Gunakan Mode Non-Buffered Rendering
Gunakan Hardware Transform dan Vertex Cache
Main Pada Resolusi 1xPSP
Aktifkan Pilihan Bermanfaat Lainnya
Non-aktifkan pilihan terkutuk
UPDATE2: GUNAKAN BACKEND VULKAN

Aktifkan Frameskipping

Seperti yang saya bilang tadi, demi mencapai performa extra, terkadang kita rela mengorbankan yang namanya estetika. 

Sesuai namanya, frameskipping berfungsi untuk melewati frame-frame pada interval tertentu untuk di render.

Maksudnya gini, 

Misal nih game kalian harusnya running pada 30 frame per detik, nah, kalo frameskipping di set jadi 1, maka setiap udah ngerender 1 frame, 1 frame selanjutnya ga akan di render (di skip). 

Begitu seterusnya, sampai kalian sadar kalau game 30 fps di frameskip 1 frame, game tersebut akan running pada 15fps.

Efeknya apa ? 

Speed game kalian lebih mendekati normal, lebih ringan gitu. 

Tapi ya konsekwensinya game kalian ga se smooth aslinya. 


Nah frameskipping 1 itu masih bisa dimainin, dan menurut saya pribadi, frameskipping 2 itu sudah batas toleransi maksimal. 

Kenapa gitu?

Ya karena diatas 2, gerakan game kalian bakal patah-patah banget, ga bisa dilihat dengan mata normal, jadi pengen banting hape aja bawaannya.

Walaupun suaranya jadi lebih jernih, karena speed emulator naik.


Tapi ada lagi nih yang namanya auto frameskip

Nih fitur pinter banget dalam menentukan berapa frame yang seharusnya di skip demi mencapai speed 100%. 

Otomatis !!. 

Tapi, sekedar kalian tau saja, fitur ini juga akan mengaktifkan yang namanya buffered rendering (nanti akan di bahas)

Gunakan mode Non-Buffered Rendering untuk performa

Mode ini adalah mode yang paling ringan.

Karena apa? 

Nah ini dia yang menarik.

Pada mode ini, PPSSPP akan berubah menjadi mode "Masa Bodo" atau "Mode Ga Peduli". 

Setiap ada request untuk render special effect kayak blur dan sebagainya, PPSSPP ya ga peduli, dan tetap render game semau dia. 

Nah, efeknya, game kalian dapet major speed up, namun akan kehilangan beberapa efek grafis dari game yang kalian mainin.

Intinya, Non-Buffered Rendering adalah sebuah hack dari PPSSPP dan Buffered Rendering adalah mode dimana PPSSPP berusaha menampilkan game seakurat mungkin dengan PSP aslinya.

Catatan :

Gunakan Non-Buffered Rendering hanya ketika game kalian ga masalah sama mode ini. 

Kalo ada masalah kayak game "Harvest Moon: Hero of Leaf Valley" dimana displaynya glitch, itu mending pake Buffered Rendering saja, performanya tidak jauh-jauh amat antara 2 mode rendering ini. 

Sekedar tisp, jika kalian merasa bahwa game lancar-lancar aja bahkan mencapai full frame rate dan full speed, namun lag pada saat tertentu, misalnya menghadapi musuh yang banyak, kalian bisa mengaktifkan buffered rendering dan auto frameskip dengan jumlah frameskip 2-5. 

Angka frameskip ini tergantung dari seberapa mampu game tersebut jalan fullspeed pada area lag tersebut. 

Kenapa harus skip banyak frame?

Ingat, kita ingin menjaga supaya game kita jalan pada fullspeed supaya nyaman dimainkan. Jadi kita harus merelakan frame-frame tersebut agar game tetap dapat dimainkan saat di area lag.

Lagipula, ketika area lag tersebut sudah terlewati, frameskip akan secara otomatis disesuaikan dengan kebutuhan emulator untuk memutar game dengan fullspeed, bahkan kembali ke full frame rate tanpa skip sama sekali. 

Ini berkat pilihan auto frameskip tadi.

Jadi intinya dengan mengatur auto frameskip dan frameskip diset 5, game akan di render dengan frameskip pada range 0-5, jadi tidak melulu akan membuang 5 frame, melainkan akan menyesuaikan dengan kebutuhan secara otomatis.

Efeknya, emulation speed akan naik, begitu juga dengan suara menjadi semakin jernih.

Gunakan Hardware Transform dan Vertex Cache

Ya ini sih jelas, macem memerintahkan PPSSPP buat memaksimalkan kinerja GPU kita.

Dan bro, tau ga bro? 

Ini nih termasuk hack yang ngasik major speed up, atau sangat menambah kecepatan game kita. 

Main Game hanya pada resolusi  1 atau 2 x PSP

Secara default, game kita akan kerender  dengan resolusi 1 x PSP, kecuali kalo kita ada ubah setingannya.

Nah renderan 1xPSP itu udah lebih dari cukup untuk ponsel cerdas kita, namun untuk display resolution, 1xPSP itu nyesek banget (display resolution dan rendering resolution itu 2 hal yang berbeda)


Display 1xPSP adalah pilihan yang termasuk memberikan speed up pada game kita, tapi konsekwensinya adalah pukulan hebat pada tampilan game.

Game kalian bakalan burem dan pecah pecah gitu, macem gejala panas dalam.. 

Ini saya ga rekomen bagi kalian yang punya ponsel cerdas termutakhir. Tapi kalo kalian udah desperate banget, yaudah, go ahead..

Aktifkan Pilihan Bermanfaat Lainnya

Sesuai dengan sebutan yang saya berikan, pilihan bermanfaat. 

Kalian bebas ngaktifin atau ga, sekali lagi ini tergantung dari game sendiri. 

Tapi ga ada salahnya saya share juga, lagian ini pilihan rata-rata ga bikin masalah. Diantaranya:
  • Aktifkan Low Quality Spline / Bezier Curve
  • Aktifkan Fast Memory
  • Aktifkan Texture Coord Speedhack (lama)
  • Aktifkan Disable Alpha Test bagi pengguna Power VR (lama)
  • Aktifkan Lazy Texture Caching
  • Aktifkan Disable Slower Effect
  • Texture Filtering > Linear on FMV
  • Screen Scaling Filter > Linear

Non-aktifkan Pilihan Terkutuk

Cieh, pilihan terkutuk.

Iya serius, terkutuk.

Mengapa? 

Karena settingan ini cuma bikin berat, tidak ada gunanya di ponsel cerdas kita.

Apa aja itu? mari kita sebutkan,,,
  • Texture Scaling
  • Matikan Enable Debug Logging pada developer tools
  • Matikan Postprocessing Shaders
  • Matikan Simulate Block Transfer (hanya berguna pada beberapa game)

Jujur, itu semua adalah hasil pengalaman saya, juga ada beberapa penjelasan yg saya dapet dari forum ppsspp. Kalo kalian penasaran saya lagi main game apa aja, saya itu main Monster Hunter 3rd Portable, Harvestmoon: Hero of Leaf Valley, Naruto Ultimate Ninja Impact, dan kedua seri God of War.. 

Untuk Monster hunter 3rd portable nya, performa nya maknyos, Vulkan renderer, buffered rendering, frameskip auto 1, dapet 30fps, fullspeed 

Kalo yg harvest moon itu saya dapet full speed juga dgn settingan Vulkan buffered rendering, frameskip auto 1.

UPDATE

Gunakan Backend Vulkan


Wah tiba saatnya saya share ini setelah menunggu sekian lama sampai renderer ini stabil.

Untuk apapun game yang kalian mainkan, saya sarankan untuk coba aktifkan ini dulu.

Pasalnya, renderer Vulkan mampu memberdayakan setiap CPU core yang kita punya, beda dengan OpenGL yang hanya menggunakan 1 - 2 core saja.

Intinya renderer ini lebih efisien dan dapat meningkatkan performa game sampai 2 kali lipat (contohnya Monster Hunter Portable 3rd)



Nah itu dulu untuk cara setting PPSSPP agar tidak lag.

Kalau ada kendala, harap share di kolom komentar supaya saya bisa bantu

Sampai jumpa di lain post..

BYE



Artikel Terkait

4 comments:

  1. great info. but the link you provide for reaching the previous article cannot be selected

    ReplyDelete
    Replies
    1. Great comment and thank you for visiting my humble blog
      Even though I believe the link provided is working, still I will try to check and fix it immediately..
      I am sorry for your inconvenience
      In case you cannot find preferred link, you can visit this article:
      https://ngelewa.blogspot.co.id/2016/04/ppsspp-sebuah-konsol-psp-di-android.html

      Delete
  2. makasih om sangat bermanfaat

    ReplyDelete