Friday, March 10, 2017

PPSSPP Lambat: Mungkin Saatnya Coba Aplikasi Ini


Ga usah pake basa basi bro, saya yakin kalian yang nyangkut di artikel ini pasti sudah sangat kesal dengan performa PPSSPP di ponsel masing-masing. Bawaannya itu pengen banting HP, atau bagi mereka yang punya duit lebih minimal beli HP baru.

Tapi sebelum kalian banting itu HP, saya bawa kabar yang mungkin bisa bikin kalian nyegir sedikit.


Ini bro, sebuah aplikasi keren yang mungkin akan jadi penyelamat HP kalian. Namanya No Mone Resolution Changer.

Peringatan! Aplikasi ini membutuhkan akses root untuk menjalankan fungsinya. Bagi kalian yang  belum ter-root, tidak ada jalan lain selain root dulu, atau kalian bisa lanjutkan banting HP dan beli yang baru. Penulis tidak bertanggungjawab atas apa yang terjadi dengan HP kalian, disini saya cuma share pengalaman pribadi saja.

Aplikasi ini berfungsi untuk merubah resolusi layar dan kerapatannya (DPI) sesuai yang kalian mau. Cara kerjanya adalah dengan cara mengubah konfigurasi ponsel secara menyeluruh (tidak cuma di PPSSPP saja) sehingga dapat menurunkan beban kerja yang dibebankan pada CPU dan GPU ponsel kalian.

Yang jadi permasalahan PPSSPP selama ini (setidaknya bagi saya) adalah mode buffered rendering hanya menyediakan resolusi 1xPSP dan 2xPSP yang mana keduanya memiliki performa yang bisa dibilang kurang. Apalagi kalau saya memutuskan pakai 2xPSP, gila aja!

Mode buffered rendering (seperti yang sudah saya tulis di artikel: Panduan Setting PPSSPP) berusaha menampilkan game seakurat PSP yang asli. Jadi mode ini akan merender seluruh efek game yang mana akan berdampak juga bagi performa.

Sedangkan ketika saya main di Non-Buffered Rendering, game akan terasa lebih ringan (contohnya Monster Hunter), namun apakah kecepatannya dapat diterima? 
Bisa sih sedikit bro (agak maksa)
Seperti memakan buah silamakama bro, serba salah. Percaya atau tidak, walaupun ada pilihan resolusi di mode ini, namun tidak akan membuat perbedaan bro. Inilah yang jadi kekurangan Non-Buffered Rendering, ketika game dimainkan, saya rasa resolusi yang digunakan selalu resolusi penuh ponsel kalian. Jadi mode ini hanya ngefek maksimal pada handset dengan resolusi rendah.

Bayangin aja bro, ponsel saya itu Xperia ZR dengan resolusi 720 x 1280 pixels dan kerapatannya 323 dpi. Berapa kalinya PSP ya? (info: resolusi psp 480 × 272 pixels dengan 130 dot per inchi).

Yang saya inginkan adalah bermain di Non-Buffered Rendering dengan resolusi 1xPSP, sehingga tentu akan meningkatkan performa lebih jauh lagi. Nah disinilah aplikasi No Mone Resolution Changer berperan.

Menjalankan Rencana

Cara menggunakan aplikasi ini juga tidak ribet bro, tinggal ketikkan resolusi dan klik tombol apply. Ada baiknya juga sebelum kalian  memutuskan untuk ganti reesolusi, kalian ingat dulu berapa resolusi bawaan ponsel kita.

Tampilan awal
(awal kebahagiaan abadi)
Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur virtual button bawaan, jadi akan memudahkan navigasi juga bro.

Virtual Button

Setiap obat ada efek sampingnya bro, jadi jangan panik kalau tampilan layar kalian seperti ini.

Efek Samping
Nah hasilnya beberapa game yang saya mainkan mendapatkan major speed boost, seperti contohnya Monster Hunter Freedom Unite (30fps kecuali di desa). Untuk yang Portable 3rd, di arena bertarung seperti pas lawan Rathalos yang biasanya agak lag, sekarang jadi lancar walau dengan frameskip 1 bro.

Tampilan PPSSP normal walau resolusi diganti
60 fps no lag pada intro

Saya juga sudah coba pada ponsel Galaxy Ace 2 lama saya. Hasilnya jika dibanding dengan Xperia ZR, masih lebih lancar di Ace 2. Mungkin karena pengaruh GPU nya bro. Denger-denger sih Mali 400 (Ace 2) lebih kompatible dengan PPSSPP ketimbang Adreno 320 punya Xperia ZR baru saya. Kirain semakin bagus speknya, akan semakin lancar PPSSPP nya. Yaelah...

Tapi gak apa-apa bro, bisa aja trik ini malah membuat perubahan positif yang signifikan di ponsel kalian. Beda device, beda efek bro.

Gimana, tertarik untuk coba?
Download aplikasinya disini bro

Get it on Google Play

Jangan lupa comment hasil kalian di sini bro..

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.