Thursday, December 2, 2021

FlexClip, Video Editor Online Terbaik Yang Pernah Saya Gunakan

Membuat Video Promosi Dengan Mudah Dan Cepat Menggunakan Video Editor Online FlexClip

Mengedit video pada sebuah aplikasi video editor yang terinstal di perangkat kita merupakan hal yang sudah biasa dilakukan.

Namun taukah temen-temen, kalau ternyata editing video sekarang bisa dilakukan secara online lho, tanpa perlu menginstall apa-apa.

Bagaimana caranya ?

Mari kita bahas

Kenapa Harus Edit Video Online ?

Nah, beberapa dari kita pastinya bertanya-tanya, kenapa harus edit video online kalau bisa offline ?

Pertama kita perlu tahu dulu, bahwa kebutuhan setiap editor itu berbeda-beda.

Ada yang mengerjakan project yang rumit, sehingga membutuhkan video editor dengan kompleksitas yang tinggi.

Ada pula yang sedang mengerjakan project yang simple namun mereka hanya memiliki waktu yang sangat terbatas untuk mengerjakan video tersebut.

Nah, jika kita merupakan bagian dari kelompok editor yang kedua, maka salah satu solusi yang dapat memenuhi kebutuhan editing kita adalah web app yang akan saya share kali ini.

Karena video editor online yang satu ini akan memungkinkan kita untuk buat video di perangkat manapun, kapanpun, bahkan dengan waktu yang mepet sekalipun!

FlexClip, Video Editor Online yang Gokil Abis

FlexClip merupakan layanan video editor berbasis web yang siap melayani kebutuhan editing simpel dan cepat, dengan hasil sekelas profesional

FlexClip, Video Editor Online Terbaik
FlexClip

Meskipun bukan yang pertama muncul di internet, tapi layanan ini merupakan salah satu layanan video editor yang terbaik dikelasnya.

Web app ini berjalan di peramban internet seperti Google Chrome, dan untuk menjalankannya pun kita tidak perlu menginstal aplikasi tambahan lagi. 

Sama seperti web app lainnya,Flexclip dapat dijalankan hanya dengan membuka websitenya, kemudian pengoperasiannya pun tidak jauh berbeda dengan aplikasi-aplikasi offline lainnya.

Fitur fitur unggulan FlexClip

Sebagai aplikasi penyunting video online, FlexClip ternyata juga memiliki fitur-fitur yang ada pada video editor offline pada umumnya lho.

Fitur-fitur yang saya maksud diantaranya :

  • Trimming Video
  • Menambah musik
  • Menambah Text
  • Voice Over
  • Menggabungkan Video
  • Pilihan aspect ratio
  • Pilihan resolusi export
  • Video Adjustment
  • Efek Transisi
  • Animasi Foto
  • Penyesuaian kecepatan video
  • Filter
  • Media Library
  • Stock Videos
  • dan masih banyak lagi...

Nah, kelebihan lainnya adalah adanya pilihan untuk menambahkan stock video footage yang sudah disediakan, jadi kita tidak perlu repot-repot untuk mencarinya lagi di internet.

Kemudian, dengan misi utamanya untuk memudahkan pembuatan video sekelas profesional dalam waktu yang relatif singkat, FlexClip juga dilengkapi dengan berbagai macam template video yang bisa kita gunakan.

Template-template ini beragam, mulai dari format video bisnis, video personal, hingga yang dikhususkan untuk dibagi di sosial media seperti Facebook, Instagram, dan Youtube.

Dan yang paling penting adalah, layanan ini memroses video kita secara lokal, yang artinya video dan media lain yang kita import tidak akan terupload ke server FlexClip.

Jadi jangan khawatir soal kecepatan proses editing, dan quota yang terkuras. 

Cara mengedit video di FlexClip

Walau tampilannya terlihat agak berbeda dari video editor yang biasa kita gunakan, ternyata alur editingya tidak serumit yang dibayangkan.

Untuk memulainya, kita bisa pilih template yang sesuai dengan keinginan kita, atau kalau mau lebih bebas, kita bisa mulai tanpa menggunakan template.

Kemudian, jika kita memilih untuk tidak menggunakan template, kita akan disuguhkan dua pilihan mode editing yang dapat kita pilih.

Yaitu mode Storyboard, dan mode Timeline.

Pilihan dua mode editing FlexClip
tampilan dua mode editing FlexClip

Mode storyboard akan menampilkan clip video per scene, sedangkan mode timeline akan menampilkan clip dengan panjang sesuai durasi klip tersebut pada timeline editornya.

Bingung ?

Intinya jika kita terbiasa menggunakan tool seperti Filmora, kita akan familiar dengan Storyboard mode ini, sedangkan jika kita terbiasa menggunakan Premiere Pro, maka Timeline Mode akan lebih cocok digunakan.

Sangat mengakomodir kebutuhan kita dong..

Nah, setelah memutuskan menggunakan salah satu mode editing, kita tinggal memasukkan media yang akan diedit, yang dalam hal ini bisa import dari media penyimpanan lokal, ataupun menggunakan stock footage yang telah disediakan.

Tampilan Mode Timeline di FlexClip
tampilan editor FlexClip mode Timeline

Lakukan trimming dan penyesuaian sesuai kebutuhan, dan jika diperlukan, tambahkan juga beberapa elemen seperti teks dan efek transisi untuk membuat video kita lebih menarik.

Jika dirasa sudah cukup, kita bisa mengeksport videonya dengan format mp4

Sangat mudah dan cepat !

Lihat saja dua video sample yang telah saya buat.

video FlexClip pertama saya
video FlexClip dengan mode timeline (tanpa template)


Yang pertama menggunakan template dan selesai dalam 15 menit.

Yang kedua tanpa menggunakan template, dan selesai dalam durasi edit sekitar 1 jam (karena bingung mau buat apa 😆)

Oh iya, satu lagi,

Disamping dapat membantu kita untuk membuat video, FlexClip juga menawarkan berbagai tool "lepasan" dari video editornya, seperti Slideshow maker, video converter, compressor, trimmer, dan yang lainnya.

Pokoknya komplit deh..

Akan tetapi...

Flexclip, seperti video editor lainnya, membutuhkan resource yang relatif besar, sehingga belum bisa didukung oleh peramban web mobile seperti yang ada pada Android.

Jadi memang disarankan untuk menggunakan laptop atau PC ketika melakukan editing.

Kemudian untuk versi gratisnya, kita dibatasi untuk export dengan resolusi 480P dan menggunakan maksimal 1 stock footage.

Akan tetapi hal ini tidak akan jadi masalah, karena layanan ini juga memberi opsi untuk tetap export video di 1080p, serta menggunakan lebih dari satu stock footage secara gratis, hanya dengan syarat menyertakan intro FlexClip di awal video kita.

Akhir kata

Nah, itu dia sedikit ulasan tentang video editor online pilihan kita kali ini

Mantap kan ?

Menurut saya layanan ini cukup berpotensi karena jaman sekarang apa-apa kita butuhnya serba cepat.

Walau tidak sepenuhnya free, setidaknya video editor online ini ga memaksa kita untuk memakai watermark yang mengganggu 

Dan khusus bagi kalian pengunjung setia Ngelewa.com, ada promo spesial 20% off dari FlexClip nih!

Cukup masukkan kode promo Ngelewa20, kalian bisa nikmati potongan harga 20% dari harga normal di setiap plan.

Buruan dicoba juga dong 😆

Langsung aja mampir ke FlexClip


Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment