Wednesday, August 4, 2021

Akhirnya! Developer Tool Chrome Hadir di Android, Lancar Pula!

Chrome Developer Tool di Android dengan Kiwi Browser

Bagi yang sering berkecimpung di dunia web design, pasti sudah tidak asing lagi nih sama yang namanya Chrome Developer Tools.

Pasalnya, tool sangar yang satu ini mempermudah kita dalam urusan debugging website dan sangat berguna untuk menemukan masalah-masalah tampilan, maupun performa render halaman web.

Nah, biasanya kan kalau mau debug itu pasti minimal melibatkan laptop, karena ya tool ini hanya ada di desktop saja.

Tapi, kabar baiknya saat ini Chrome DevTools sudah bisa digunakan di perangkat berbasis Android melalui sebuah browser bernama Kiwi Browser.

Sekilas tentang Kiwi Browser

Kiwi Browser merupakan peramban web berbasis Chromium yang muncul di XDA Developer Forum tahun 2018

Kiwi Browser
Kiwi Browser


Browser ini dikembangkan oleh seorang developer dengan username arnaud42, yang mana merupakan salah satu pengembang resmi project Chromium dan Webkit di tahun 2008 dan 2009.

Karena kecintaannya terhadap sebuah browser berbasis Chromium bernama CAF browser (yang pengembangannya kini telah terhenti), ia jadi terinspirasi dan memulai mengembangkan Kiwi Browser hingga menjadi peramban yang kita kenal sekarang.

Dari segi fitur dasar, Kiwi Browser hampir sama dengan Google Chrome di perangkat Android.

Hanya saja, peramban ini memiliki segudang kelebihan yang akan memanjakan para pengguna, terutama fitur ekstensi Chrome dan Developer Tools.

Memiliki fitur idaman pengembang web

Dari kemampuannya yang bisa menjalankan ekstensi Chrome, kita jadi bisa pasang berbagai add-on terkenal seperti Ghostery, OneTab, HTTPS Everywhere, dan yang lainnya!

Ekstensi kiwi Browser Android
Ekstensi yang telah terpasang di Kiwi Browser

Ya walau harus diakui terkadang ada beberapa ekstensi yang memang khusus didesain untuk jalan di arsitektur X86, alhasil add-on tersebut tidak dapat berjalan di mobile browser. Tapi tentu hal ini tidak menurunkan nilai dari browser ini karena masih ada alternatif lain yang terdapat di Chrome Web Store

Selain ekstensi Chrome, browser ini juga memiliki fitur bawaan seperti anti-cryptojacking, Annoying Ad-Blocker, Night Mode, Desktop as default, dan Chrome Developer Tools yang akan kita bahas kali ini.

Developer Tool Kiwi Browser Android

Karena berbasis Chromium, maka kita bisa tebak kalau Developer Tool di Kiwi Browser ini sama dengan yang ada di Chrome Browser pada desktop.

Dan betul saja, disini kita bisa temukan tab-tab yang ada di versi desktopnya seperti tab Elements, Console, Source, Network, Performance, dan yang lainnya.

Tampilan Developer Tools di Tab Android
tampilan developer tools di Tab Android


Hal-hal yang sering saya gunakan juga berfungsi semua, sepert inspect element, error console log, tes performa load page, sampai Lighthouse dan Web Vitals.

Dan sama sekali tidak lag!

Padahal saya kira kalau saya melakukan load test, perangkat akan kesulitan saat saya melakukan navigasi untuk melihat timing dan resource yang ter-load, terutama jika resource cpu diturunkan 4x lipat.

Website loading test di developer tools Android
tampilan ketika test loading website


Tapi...

Satu hal yang sedikit mengganggu adalah munculnya tool ini di tab baru, bukannya di tab yang sama pada halaman yang ingin kita debug.

Ini membuat kita harus bolak balik kalau ingin inspect element untuk memeriksa dan mengubah properti dari setiap elemen.

Agak sedikit repot memang

Kemudian karena keterbatasan resource di Android, terkadang developer tool tiba-tiba terhenti (disconnect), sehingga akan sedikit menghambat jika digunakan untuk hal-hal serius.


Akhir kata

Yah, walau belum sepenuhnya stabil, setidaknya ini merupakan sebuah awal yang baik untuk potensi Android nantinya.

Jadi semakin lebih produktif, walau pada perangkat yang low power yang dulunya hanya bisa digunakan untuk main sosmed dan game.

Kita tunggu saja, semoga Developer Tool bisa lebih stabil dan berfungsi layaknya versi desktopnya

Jika kalian ingin coba, lanjut download dengan tombol dibawah ya gess.


Get it on Google Play


Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment