Thursday, April 28, 2016

Sebuah Panduan untuk Setting PPSSPP Android

Seperti yang sudah dijelaskan pada postingan sebelumnya (silahkan baca disini), PPSSPP memerlukan penyesuaian setting berdasarkan kemampuan ponsel pintar kita agar mampu running game dengan maksimal.

Nah, settingan tersebut juga berbeda-beda di setiap game. Kenapa bisa begitu? Saya juga kurang paham sebenarnya, tapi mari kita mengerti dulu bahwa cara dari beberapa game menampilkan efek visual itu beda-beda.

Ibarat game desktop di komputer kita, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi bro. Ya disini juga sama bro. Intinya, disini kita akan mencoba mengatur bagaimana PPSSPP me-render game kita.

Baca Juga: PPSSPP lambat, mungkin saatnya kalian coba aplikasi ini!
Satu lagi bro, aplikasi ini jika diatur dengan tepat dan pas dengan game, maka hasilnya positif, bisa nambah performa, bisa juga menambah estetika tanpa pengurangan performa yang signifikan. Tapi, kalo salah setting bisa berabe bro, nge-glitch lah, ga nampak lah, ngelag lah, dst. Maka dari itu, penting untuk mengetahui apa saja fungsi dari setting yang kita ubah.




Guide ini akan berguna bagi:
  • kalian yang ga tau apa tentang settingan PPSSPP 
  • kalian yang mau tau tentang settingan PPSSPP lebih dalam
  • mereka yang sudah putus asa dengan performa gamenya
  • mereka yang gila performa, sehingga bisa pamer sama temen-temennya

Sebelum memulai baca, ada baiknya saya infokan dulu bro, kalo yang namanya framerate dan speed itu beda di sini. Framerate itu mengacu pada berapa frame yang bisa ditampilkan dalam 1 detik. Kalo speed itu mengacu pada seberapa lancar game kita. Percaya aja dulu bro, nanti dijelaskan lebih lanjut. Sip bro?

Nah, apa saja yang bisa kita lakukan? diantaranya:

Aktifkan Frameskipping
Gunakan Mode Non-Buffered Rendering
Gunakan Hardware Transform dan Vertex Cache
Pakai Multithreaded
Main Pada Resolusi 1xPSP
Aktifkan Pilihan Bermanfaat Lainnya
Non-aktifkan pilihan terkutuk
UPDATE: GUNAKAN SETTINGAN ALTERNATIF

Aktifkan Frameskipping

Seperti yang saya bilang tadi bro, demi mencapai performa extra, terkadang kita rela mengorbankan yang namanya estetika. Sesuai namanya bro, frameskipping berfungsi untuk melewati frame-frame pada interval tertentu untuk di render.

Maksudnya gini bro, misal nih game kalian harusnya running pada 30 frame per detik, nah, kalo frameskipping di set jadi 1, maka setiap udah ngerender 1 frame, 1 frame selanjutnya ga akan di render bro (di skip), begitu seterusnya, sampai kalian sadar kalau game 30 fps di frameskip 1 frame, game tersebut akan running pada 15fps.


Efeknya apa bro? Speed game kalian lebih mendekati normal, lebih ringan gitu. Tapi ya konsekwensinya game kalian ga se smooth aslinya. Tapi, frameskipping 1 itu masih bisa dimainin, dan menurut saya pribadi, frameskipping 2 itu udah batas toleransi maksimal bro. Kenapa gitu? ya karena diatas 2, gerakan game kalian bakal patah-patah banget, ga bisa dilihat dengan mata normal, jadi pengen banting hape aja bawaannya.

Nah ada lagi yang namanya auto frameskip bro. Nih fitur pinter banget dalam menentukan berapa frame yang seharusnya di skip demi mencapai speed 100%. Otomatis bro!!. Tapi fitur ini juga akan mengaktifkan yang namanya buffered rendering (nanti akan di bahas)

Gunakan mode Non-Buffered Rendering

Mode ini adalah mode yang paling ringan bro. Karena apa? Nah ini dia yang menarik bro.

Pada mode ini, PPSSPP akan berubah menjadi mode "Masa Bodo" atau "Mode Ga Peduli". Setiap ada request untuk render special effect kayak blur dan sebagainya, PPSSPP ya ga peduli, dan tetap render game semau dia. Nah, efeknya, game kalian dapet major speed up, namun akan kehilangan beberapa efek grafis dari game yang kalian mainin.

Intinya, Non-Buffered Rendering adalah sebuah hack dari PPSSPP dan Buffered Rendering adalah mode dimana PPSSPP berusaha menampilkan game seakurat mungkin dengan PSP aslinya.

Catatan :

Gunakan Non-Buffered Rendering hanya ketika game kalian ga masalah sama mode ini. Kalo ada masalah kayak game "Harvest Moon: Hero of Leaf Valley" dimana displaynya glitch, itu mending pake Buffered Rendering aja bro, performanya ga jauh-jauh amat antara 2 mode rendering ini. Pastikan aja kalian jauh-jauh dari mode render yang ada tulisan Read Framebuffer nya bro, bikin nyesel.. kwkwkw

Gunakan Hardware Transform dan Vertex Cache

Ya ini sih jelas bro, macem memerintahkan PPSSPP buat memaksimalkan kinerja GPU kita bro. Dan bro, tau ga bro? ini nih termasuk hack yang ngasik major speed up, atau sangat menambah kecepatan game kita. Mantep ga bro? biasa aja ya? yaudah, lanjut

Pake Multithreaded

Akhirnya PPSSPP bisa multithread juga, walaupun masih tahap experimental bro. pilihan ini memungkinkan PPSSPP untuk memaksimalkan kinerja CPU kita bro, dengan memanfaatkan lebih dari 1 thread pada CPU kita. Jadi akan semakin efisien aja bro.

Main Game hanya pada resolusi  1 x PSP

Secara default, game kita akan kerender  dengan resolusi 1 x PSP, kecuali kalo kita ada ubah setingannya bro.

Nah renderan 1xPSP itu udah lebih dari cukup bro untuk ponsel cerdas kita, namun untuk display resolution, 1xPSP itu nyesek banget bro (display resolution dan rendering resolution itu 2 hal yang berbeda)

Display 1xPSP adalah pilihan yang termasuk memberikan speed up pada game kita, tapi konsekwensinya adalah pukulan hebat pada tampilan game bro. Game kalian bakalan burem dan pecah pecah gitu bro, macem gejala panas dalam..kwkwkw. Ini saya ga rekomen bagi kalian yang punya ponsel cerdas termutakhir. Tapi kalo kalian udah desperate banget bro, yaudah, go ahead..

Aktifkan Pilihan Bermanfaat Lainnya

Sesuai dengan sebutan yang saya berikan bro, pilihan bermanfaat. Kalian bebas ngaktifin atau ga bro, sekali lagi ini tergantung dari game bro-bro semua. Tapi ga ada salahnya saya share juga, lagian ini pilihan rata-rata ga bikin masalah bro. Gue sebutin aja kali ya..
  • Aktifkan Low Quality Spline / Bezier Curve
  • Aktifkan Fast Memory
  • Aktifkan Texture Coord Speedhack
  • Aktifkan Disable Alpha Test bagi pengguna Power VR
  • Aktifkan Lazy Texture Caching
  • Aktifkan Disable Slower Effect
  • Texture Filtering > Linear on FMV
  • Screen Scaling Filter > Linear

Non-aktifkan Pilihan Terkutuk

Cieh, pilihan terkutuk. kwkwkw.
Iya serius bro, terkutuk. Mengapa? Karena settingan ini cuma bikin berat aja bro, kaga ada gunanya di ponsel cerdas kita. Apa aja itu? mari kita sebutkan,,,
  • Texture Scaling
  • Matikan Enable Debug Logging pada developer tools
  • Matikan Postprocessing Shaders
  • Matikan Simulate Block Transfer

Jujur, itu semua adalah hasil pengalaman saya bro, juga ada beberapa penjelasan yg saya dapet dari forum ppsspp. Kalo kalian nanyak saya lagi main game apa aja, saya itu main Monster Hunter 3rd Portable dan Harvestmoon: Hero of Leaf Valley bro.. Untuk Monster hunter 3rd portable nya, performa nya lumayan, non-buffer, frameskip 1, dapet 15fps, speed 90 - 100% lah. Tapi kalo yg harvest moon itu saya dapet full speed dgn settingan buffered rendering, frameskip auto.

UPDATE

Gunakan Settingan Alternatif

Jika kalian merasa bahwa game lancar-lancar aja bahkan mencapai full frame rate dan full speed, namun lag pada saat tertentu, misalnya menghadapi musuh yang banyak, kalian bisa mengaktifkan buffered rendering dan auto frameskip dengan jumlah frameskip 2-5. Angka frameskip ini tergantung dari seberapa mampu game tersebut jalan fullspeed pada area lag tersebut. 

Kenapa harus skip banyak frame?

Ingat bro, kita ingin menjaga supaya game kita jalan pada fullspeed supaya nyaman dimainkan. Jadi kita harus merelakan frame-frame tersebut agar game tetap dapat dimainkan saat di area lag.

Lagipula, ketika area lag tersebut sudah terlewati, frameskip akan secara otomatis disesuaikan dengan kebutuhan emulator untuk memutar game dengan fullspeed, bahkan kembali ke full frame rate tanpa skip sama sekali. Ini berkat pilihan auto frameskip tadi.

Jadi intinya dengan mengatur auto frameskip dan frameskip diset 5, game akan di render dengan frameskip pada range 0-5, jadi tidak melulu akan membuang 5 frame, melainkan akan menyesuaikan dengan kebutuhan secara otomatis.

Nah itu dulu untuk sharing kali ini bro.
Sampai jumpa di lain post bro..

BYE

Artikel Terkait

4 comments:

  1. great info. but the link you provide for reaching the previous article cannot be selected

    ReplyDelete
    Replies
    1. Great comment and thank you for visiting my humble blog
      Even though I believe the link provided is working, still I will try to check and fix it immediately..
      I am sorry for your inconvenience
      In case you cannot find preferred link, you can visit this article:
      https://ngelewa.blogspot.co.id/2016/04/ppsspp-sebuah-konsol-psp-di-android.html

      Delete

Powered by Blogger.