Tuesday, May 10, 2016

Membuat VIdeo Klip Sendiri: Sebuah Pengalaman

Welcome back bro..

Video klip merupakan sebuah video yang dapat mewakili lirik di dalam lagu kita bro. Seperti sebuah film yang diiringin musik inspiratif, video pada video klip dapat membantu kita mengerti dan merasakan apa yang disampaikan lirik di dalam musik. Hebatnya lagi, dengan didukung aspek visual, penonton video kita mampu melihat bahkan merasakan yang seharusnya didengar.

Nah, kali ini saya akan share pengalaman saya dalam membuat video klip bro. Sebelum kita mulai rolling, kita tonton dulu salah satu hasil dari jerih payah saya dan teman-teman bro :)


Bagaimana bro? Walau tidak sebagus buatan master-master video diluaran, hasil ini cukup membanggakan bagi saya yang bermodal pas-pasan dan notabene adalah pemula di bidang ini. Lalu bagaimana hal ini bisa "terjadi" ?

Kronologisnya

Video diatas adalah project di akhir tahun 2014 bro. Ketika itu saya ingat sekali tawaran seorang teman saya yang mana merupakan salah satu personil di band itu, sebut saja Ucok. Sempat saya menolak karena tidak percaya diri. Namun, berkat gangguan dari teman saya yang bernama Yudik, akhirnya saya ambil juga :D

Dalam membuat video di atas, saya hanya bermodalkan nekat dan sedikit pengetahuan di bidang filmmaking bro. Tentu saya sempat merasa pesimis awalnya. Bagaimana tidak, kamera tidak punya, komputer di rumah juga tidak sebagus komputer editing di studio-studio film. Sebuah masalah yang besar bro.

Nah, ketika saya diberikan sampel musiknya, eh ternyata saya suka sama beat nya. Ini menjadi pendorong terkuat dalam proses ini. Saya dengarkan lagunya berulang-ulang, dan terpikirlah sebuah konsep di kepala.

Dan akhirnya, saya dan Yudik mulai mencari kru, memulai penggarapan project ini. Oh iya, karena ini dalam rangka membantu teman, saya mendapatkan pinjaman kamera EOS 600D dan 1100D dari personil dan teman lainnya. Untuk pemilihan lokasi dan pengadaan barang lainnya, saya serahkan sama teman saya. Untungnya lagi bro, kami dibantu juga oleh seorang photographer handal bernama Enggik.

Penggarapan dimulai dengan pembuatan storyboard sederhana berdasarkan konsep lagu. Kemudian baru memilih lokasi, membuat daftar barang yang dibutuhkan dan persiapan lainnya. Draft storyboard disini memerlukan beberapa perubahan sampai akhirnya rampung. Ini dikarenakan ada beberapa perbedaan visi dari saya, kru, dan personil band, dan ini biasa bro, hahaha.. Penyatuan visi memang sulit, tetapi jika disikapi dengan baik akan mengarah ke  hal-hal yang baik. Intinya ya open mind aja, jangan kaku dan terima masukan dari luar, karena ini penting bro.

Nah, bagi kalian yang ingin tahu tahap-tahap dalam pembuatan film atau video klip, kalian bisa baca artikel ini: http://www.ngelewa.com/2016/05/proses-pembuatan-film.html

Dalam tahap pengambilan gambar, saya lakukan seadanya bro. Ketika itu, saya belum membuat stabilizer kamera. Jadi, saat mengambil gambar track out, saya numpang di bagian belakang mobil teman, berharap supaya gambar yang saya ambil minim goncangan. Sisanya, bisa distabilkan ketika proses editing.
Kru yang handal

Kru, Personil dan bro-bro lainnya

Di tahap ini pula saya menemukan masalah-masalah yang sangat menghambat. Salah satunya adalah beberapa take yang terlewatkan, yang membuat terbuangnya waktu dan tenaga untuk mengambil take-take tersebut. Inilah mengapa proses perencanaan sangat penting bro, untuk membuat segalanya menjadi lebih efisien.

Baca juga: http://www.ngelewa.com/2016/04/basic-camera-movements.html

Setelah semuanya rampung, akhirnya saya bisa compile project tersebut dan share kepada kru maupun personil band. Ada beberapa revisi memang, tetapi ini sudah cukup membuat saya senang.

Nah, begitulah kurang lebih ceritanya bro, mudah mudahan bisa sedikit membantu kalian yang butuh inspirasi, hahaha

Bottom line

Untuk kalian yang punya minat di filmmaking, intinya jangan minder kalau tidak memiliki kamera dan rig yang canggih nan mahal. Karena apa? Ya karena seperti yang dikatakan oleh  banyak photographer terkenal, kamera itu hanyalah alat, dan yang menentukan hasil akhir adalah kita bro. Kurang lebih seperti itu

Sekian dulu bro
Akhir kata,
BYE

Artikel Terkait

2 comments:

  1. Juni memang top, inspirasi bali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, biasa saja gung..
      Masih belajar juga..

      Btw, terimakasih telah berkunjung di blog saya yang masih "belog" gung

      hahahaha..

      Delete

Powered by Blogger.