Tuesday, May 24, 2016

Mengintip Fitur Terbaru Dari Android N


Greetings bro!!

Bagi kalian yang antusias dengan perkembangan sistem operasi pintar besutan Google ini, mengetahui update dari android mungkin hal yang sangat penting bro. Ya tidak mengherankan memang, pasalnya setiap android mengeluarkan update terbaru atau bahkan versi terbarunya, akan terdapat fitur-fitur baru yang keren dan sangat bermanfaat serta dapat meningkatkan produktifitas kita dalam penggunaan smartphone kita bro.

Nah, kebetulan pada gelaran Google I/O 2016 kemarin, terdapat bocoran tentang fitur-fitur yang akan disematkan pada sistem operasi teranyarnya. Pada saat itu juga, versi beta dari Android N telah dirilis oleh Google. Tiga hal yang ditekankan pada update terbaru ini adalah; performa, keamanan dan produktifitas.


Performa

Dalam upaya meningkatkan performa android, google telah membicarakan tentang Vulkan Graphics API. Ini adalah 3D Graphics platform yang akan mengganti OpenGl nantinya bro. Nah apa saja keuntungannya? Tentu saja performa game yang lebih mantap dan tidak menutup kemungkinan juga kinerja keseluruhan dari sistem operasi android akan meningkat. Hal ini disebabkan karena Vulkan akan mengurangi beban kerja (overload) dari chip smartphone. 

Vulkan Graphics API
Tidak hanya Vulkan, Google juga akan menyematkan Just in Time compiler terbaru pada sistem operasi teranyarnya. Update ini memungkinkan peningkatan performa, terlihat dari proses installasi aplikasi yang 75% lebih cepat, dan proses kompilasi kode juga berkurang 50%. Dan coba tebak, Pesan Android is starting yang menyebalkan akan hilang berkat update JIT terbaru ini. Mantap!

Keamanan

Dalam update terbarunya, google menekankan peningkatan keamanan melalui fitur file-based encryption, media framework hardening dan seamless update.

Secara umum, fitur seamless update yang memungkinkan ponsel kita mengunduh update software di background yang nantinya dipersiapkan ketika kita merestart ponsel kita. Berkat file-based encryption, kita juga tidak perlu memasukkan password ketika kita merestart ponsel.


Produktifitas

Produktifitas merupakan hal yang penting karena hal ini menentukan efisien tidaknya penggunaan ponsel kita. Bedasarkan penggunaan ponsel android selama ini, Google berpendapat bahwa kebanyakan orang hanya menggunakan 7 aplikasi terakhir dari app drawer,  sehingga membatasi wheel dari app drawer akan membuat ponsel kita menjadi lebih efisien dalam penggunaannya. Akan ada juga tombol clear-all yang memudahkan kita membersihkan atau menutup aplikasi-aplikasi yang telah digunakan dalam sekali sentuh. 

Ada juga fitur double-tapping recent app button, dimana kita bisa kembali ke aplikasi yang kita gunakan sebelumya dengan cepat. Dengan begini, kita bisa menghemat beberapa detik dari waktu kita yang berharga ketika berpindah aplikasi pada ponsel kita. Sangat menarik!

Multi window juga menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu dari versi android teranyar. Fitur ini memungkinkan kita untuk menampilkan 2 window aplikasi dalam 1 layar ponsel secara bersamaan. Keuntungannya apa? jelas bro ponsel kita jadi semakin efisien, kita bisa mengerjakan 2 hal secara bersamaan, misalnya saja browsing sambil chatting. Jadi seperti desktop ya bro? Hahaha

Multi windows pada android
© ANDROIDPIT
Satu hal yang sangat menarik, kini android mampu membalas dari notifikasi secara langsung tanpa membuka aplikasi yang bersangkutan, atau bahkan langsung tanpa membuka lockscreen pada ponsel kita. Awalnya saya berpikir ini fitur sudah basi, karena ini sudah ada pada android versi sebelumnya. Namun ternyata saya salah, karena fitur reply di Android N tidak terbatas pada aplikasi messaging saja.

Membalas pesan dari notifikasi
© ANDROIDWIKIHOW

Masih ada lagi?

Selain fitur yang telah disebutkan diatas, ternyata ada juga fitur unggulan lainnya yang akan disematkan ke dalam Android N nanti, diantaranya notification panel yang baru, Android native VR (Virtual Reality) dan Enhanced Doze mode dan Project Svelte untuk penggunaan power dan memory yang lebih efisien.


Tampilan notification panel yang sedikit berbeda
© ANDROIDPIT
Itulah beberapa fitu-fitur yang diunggulkan di android N ini, namun tidak menutup kemungkinan akan ada fitur tambahan lagi. Hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah menunggu update officialnya, tapi bagi kalian yang tidak kebagian update menarik ini, bisa mencoba custom firmware yang dibuat oleh developer di forum-forum seperti xda-developer nantinya (kalau ada).


Bottom line

Oh iya, satu hal lagi bro, Android N adalah codename sementara untuk sistem operasi ini. Belum ada nama yang fix dari google, namun kemungkinan namanya akan menjadi Nutella atau Nougat. Tapi tenang saja bro, bagi kalian yang tidak terima, kali ini Google memberi kesempatan bagi kita untuk memberi nama sistem operasi terbarunya melalui laman ini: https://www.android.com/versions/name-n/

Bagi kalian yang punya ide, bisa langsung membuka link tersebut. Kalian juga bisa tulis di kolom komentar di bawah. Syaratnya adalah nama makanan manis yang dimulai dengan huruf N. Silahkan mencoba!!

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.