Monday, April 17, 2017

Konsep Baru Bikin Musik Ga Pake Ribet di Android Pakai Aplikasi HumOn


Hello lewers-lewers sekalian..
Lama tidak berjumpa, jadi kangen.

Pernah gakalian berpikir, andai saja kita dilahirkan di lingkungan keluarga komposer atau pengarang lagu, pasti lah kita sudah mewarisi gen musikal berselera tinggi, dan apa yang keluar dari mulut kita akan jadi komposisi terkenal..

Punya studio sendiri, alat musik berkualitas tinggi, wiiihh, pokoknya serba tinggi (termasuk khayalannya).

Tapi apa daya bro...

Bentar dulu, di zaman serba canggih sekarang  ini, seharusnya semua bisa saja terjadi, termasuk bikin musik ketika ga punya alat musik, iya kan?.

Nah, udah mulai ngaco nih..

Serius bro. Kali ini saya mau berbagi temuan terbaru bro. Hasil dari penelusuran saya di jagat maya, sesuatu yang akan membuat hidup kalian, hem, sedikiit... lebih mudah...

Bagi kalian yang pengen bikin musik sendiri, tapi ga pengen ribet, ini nih jawabannya. HumOn, sebuah konsep aplikasi kreatif yang mampu merubah senandung kita menjadi notasi musik.

Apa!!? Dream On kali bro!

Memang kedengeran ga mungkin, tapi ini nyata, bukan tipu-tipu bro. Dengan aplikasi ini, kalian bisa bersenandung ria dan biarkan sang aplikasi yang melakukan segalanya.

Aplikasi Hum On
Tampilan awal Hum On

Yang perlu kalian lakukan adalah merekam senandung paling merdu kalian, lakukan sesuai tempo bro. Nanti  setelah selesai, kalian akan di suguhkan dengan menu untuk memutar tangga nada tersebut.

Kalian juga bisa menambah rythm sesuai tema yang kalian inginkan.

Notasi musik yang dihasilkan sumbang? Tenang saja bro, kalian juga bisa mengubah pitch dan durasi dari notasi yang sumbang tersebut. Caranya hanya dengan menyentuh not tersebut, nanti nadanya bisa dinaikin, diturunin, atau diubah durasinya

Bagaimana bisa? 

Ya cara kerja aplikasi ini adalah dengan menangkap nada dari senandung kita dan mengubahnya menjadi notasi musik.

Hum On menangkap sinyal suara dan merubahnya menjadi tangga nada
Menangkap sinyal suara dan merubahnya jadi tangga nada
Ingat aplikasi gstring untuk menyetel gitar di android? Nah, aplikasi tersebut juga menggunakan teknologi sejenis yang mampu mendeteksi tinggi rendahnya sebuah suara yang di hasilkan instrumen gitar.

Bedanya, disini nada yang ditangkap itu terekam dan terangkai menjadi kesatuan melody yang utuh.

Dengan frekuensi suara tersebut, aplikasi ini mampu menentukan chord dari nada yang akan dihasilkan bro. Bahkan, seperti yang sudah saya katakan tadi, aplikasi ini mampu menghasilkan pengiring melody (rythm) secara otomatis.

Tapi kok ternyata susah bikinnya ya?

Ya bro, saya sendiri juga agak kesulitan membuat musik dengan aplikasi ini. Memang tidak sehebat kedengarannya ternyata ya..

Kesulitan utama yang saya hadapi adalah masalah tempo dan notasi yang terkadang putus putus ketika merekam.

Tapi tenang dulu, kita bisa mengatur sensitivitas microphone supaya tangkapan suara tidak putus-putus. Tempo juga sebenarnya dapat di atur dan diputar menggunakan headset, jadi dapat membantu kita menentukan ketukan dari musik original kita.

Tampilan Setting
Tampilan setting



Masalah lain yang saya hadapi adalah menghapus dan menambah nada secara manual juga belum dapat dilakukan bro, padahal ini adalah fungsi yang sangat penting. Duh!

Ingat bro, tidak ada yang instant di dunia ini. Mie aja yang katanya instant mesti dimasak dulu. Jadi setelah melakukan perekaman, kita harus mengatur lagi melodinya supaya pas.

Tampilan Hum On untuk mengubah nada
Mengubah nada
Nah, setiap melakukan perubahan, kita harus mengerti arti dari setiap notasi musik, berapa nilainya dan sifatnya. Kalau melakukan perubahan dalam satu bar, nilainya harus pas, jadi mesti menghapus notasi setelahnya. Atau bisa juga dengan nada menjadi tanda istirahat untuk mengubah durasi nada sebelumnya.

Alhasil, bagi yang tidak begitu mengerti notasi musik, setiap ada yang salah, ya harus merekam ulang dari awal.

Namanya juga aplikasi Beta bro, masih belum sepenuhnya newbie friendly. Tapi kedepannya pasti akan ada penambahan fitur baru yang membuatnya semakin mudah dan lebih bergaya.

Bottom Line

Ya, sepertinya aplikasi ini belum begitu bersahabat terhadap mereka yang tidak terlalu mengerti musik bro.

Tapi jika kalian tertarik untuk mencoba akan sangat bagus bro. Kalian bisa sekalian belajar musik, dan nantinya kalau sudah bisa, dapat di compile dan digunakannya untuk keperluan sendiri. Misalnya nih sebagai musik latar untuk video youtube. Dijamin hak cipta milik diri sendiri (asal ga jiplak musik orang) hahaha...

Ya, sekian untuk kali ini bro. Jangan lupa subscribe blog ini untuk artikel bermanfaat lainnya ya..

Untuk download Hum On, kalian bisa gunakan link dibawah.

Temukan di Google Play

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.