Monday, May 1, 2017

4 Aplikasi Terbaik Untuk Membaca Buku Gratis di Smartphone

Seberapa seringkah kalian membaca buku ? Beberapa dari kalian mungkin mejawab kalian tidak bisa hidup tanpa buku, beberapa lagi cukup sering, dan sisanya bisa saja sangat jarang membaca.

Alasan dari ketidaksukaan akan membaca bisa beragam seperti karena memang sejak dahulu tidak suka, atau yang lebih serius, alasan ekonomi karena buku itu harganya lumayan dan membuat kita jadi malas beli buku. Bisa juga karena tidak punya waktu dan repot membawa buku kemana mana.

Untuk itu saya akan memberikan solusi bagaimana kita bisa memupuk kebiasaan membaca buku yang ekonomis, minimalis, dan manis hanya dengan memanfaatkan ponsel pintar dan mengunduh aplikasi.

Lumayan banyak sih aplikasi membaca buku yang bisa kita dapatkan secara gratis. Tapi disini saya akan berbagi review dari 4 aplikasi terbaik yang sudah saya gunakan sendiri.

1. Wattpad

Situs web Wattpad ini sudah di luncurkan sejak tahun 2006 tapi dengan bodohnya saya baru menikmati fasilitas Wattpad dari tahun 2016 atas rekomendasi seorang teman.

Kalian bisa dengan gampang menginstal aplikasi Wattpad lalu login dengan facebook atau email. Selanjutnya tinggal menikmati berbagai buku dan karya para penulis di Wattpad.

Kalian juga dapat mengunggah karya kalian dan berbagi dengan pembaca lainnya.

Tampilan Wattpad di Android
Tampilan Wattpad
Dalam aplikasi ini kita dapat mencari buku buku sesuai genre yang kita inginkan. Kita juga dapat memberikan vote pada karya favorit dan berinteraksi dengan sesama pengguna wattpad melalui pesan atau berbalas komentar.

Pengalaman saya memakai aplikasi ini dalam mencari karya yang sesuai selera mungkin sedikit susah dengan adanya berbagai macam tulisan, gaya, genre, dan penulis. Akan memerlukan sedikit waktu untuk mendapatkan buku yang mungkin benar benar ingin kita baca. Namun, walaupun karya disini diposting sebagai, katakanlah, "karya amatir", tetapi banyak sekali saya temukan karya-karya bagus dan bahkan kemudian dirilis oleh penerbit-penerbit profesional.

2. Google Play Book

Aplikasi Google Play Book juga bisa dipakai untuk membaca buku di ponsel. Setau saya beberapa ponsel android pun sudah secara otomatis memiliki aplikasi ini. Jadi tidak perlu susah-susah mendownload aplikasi ini lagi. Namun bagi yang tidak memiliki aplikasi ini bisa mencari di Google Play Store, dan itu gratis.

Tampilan Google Play Book
Google Play Book

Setelah mengunduh aplikasi Google Play Book, kalian hanya perlu mengunduh ebook dari google play. Banyak sekali ebook yang bisa kalian beli dari berbagai genre dan penulis.

Apa?! beli???

Bentar dulu, harusnya saya share yang gratis kan ?

Tenang saja, disana juga tersedia buku buku gratis yang bisa kalian unduh meskipun jumlahnya terbatas. Jadi masih masuk kategori gratis lah, walau tidak sepenuhnya.

3. Bookmate

Media membaca elektronik yang lain adalah Bookmate. Aplikasi ini lumayan banyak menyediakan buku buku laris dari penulis penulis profesional. Namun aplikasi ini juga tidak 100% gratis. Duh!

Tampilan Aplikasi Bookmate
Tampilan Bookmate yang necis
Kalian bisa berlangganan dengan biaya 45 ribu/bulan untuk paket standar dan 69.000 untuk paket premium (dimana memberikan akses untuk membaca buku buku bisnis dan buku laris, salah satunya karya penulis faforit saya Andrea Hirata :” ). 

Bagi saya harga berlangganan ini termasuk murah terutama bila kalian tipe yang membaca habis buku dalam sehari, ini akan menghemat biaya membeli buku baru. Namun kalian juga tetap bisa memilih untuk menikmati Bookmate secara gratis dengan pilihan buku gratis yang tersedia.

4. Ipusnas              

Aplikasi ini merupakan aplikasi membaca yang di keluarkan langsung oleh perpustakaan nasional dan bisa di unduh secara gratis ke ponsel kalian. Mendaftarnya pun gampang hanya menggunakan email atau akun facebook lalu kita sudah bisa membaca secara gratis koleksi-koleksi ebook dari Ipusnas ini.

Tampilan Ipusnas
Ipusnas, aplikasi baca buku lainnya
Uniknya, dalam Ipusnas sistem yang digunakan mirip perpustakaan. Kalian bisa mencari buku yang diinginkan, klik pinjam lalu unduh buku tersebut.

Sayangnya ada batas jumlah buku yang bisa di pinjamkan. Jadi bila buku yang kalian inginkan stoknya kosong kalian harus mengantri untuk menunggu sampai buku tersebut di kembalikan dan tersedia kembali. Tentu saja kalian akan diberikan notifikasi bila buku tersebut telah tersedia nantinya.

Buku buku dalam ipusnas ini lumayan variatif. Hanya saja saya agak bingung dengan pembagian sesuai genre yang terkadang tidak sesuai dan menyebabkan saya sulit mencari tipe buku yang saya inginkan.

Aplikasi ipusnas ini pun di awal awal saya memakainya beberapa kali sempat error dimana akun saya log out sendiri, atau buku yang saya pinjam hilang di daftar bacaan. Namun meskipun ada beberapa masalah saya cukup puas dengan aplikasi dari perpustakaan nasional yang ingin menebarkan bibit budaya membaca pada semua kalangan. cieh...

Bottomline

Sekian aplikasi membaca yang pernah dan masih saya gunakan. Silahkan unduh dan selamat menjelajah ilmu-ilmu baru. Bagi kalian yang mau share pengalaman atau memiliki aplikasi membaca favorit lain bisa berbagi di kolom komentar.

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.