Wednesday, May 10, 2017

Face App: Aplikasi Ini Mampu Mempredikisi Wajah Lain Dirimu!

Face app: Aplikasi edit wajah paling keren
Pernah ga kalian berpikir kalau dulu dilahirkan beda gender, wajah kita sekarang bentuknya gimana ya? Atau kalau kita dilahirkan beberapa puluh tahun sebelum hari lahir kita sebenarnya, apakah kita bakal mirib kakek nenek kita, atau malah berbeda sama sekali?

Itu semua adalah misteri yang hanya diketahui sang pencipta bro, secara kalian sudah dilahirkan begitu adanya.

Namun, ada sebuah aplikasi yang mampu membuat prediksi tersebut. Kenalin nih, namanya Face App.

Dengan aplikasi ini, segala misteri sang pencipta tadi bisa sedikit diintip. Walaupun keakuratannya ga dijamin, seenggaknya dapat mengobati rasa kepo kita tanpa harus nekat melakukan operasi pelastik bro.

Sekilas tentang aplikasi

Face App adalah aplikasi lain yang menggunakan teknologi neural-network, sama seperti yang kita bicarakan pada kesempatan sebelumnya mengenai aplikasi Prisma di artikel Mengubah Foto Menjadi Karya Seni
 
Bedanya, aplikasi ini memanfaatkan teknologi ini untuk melakukan perubahan terhadap konten foto, bukan merubahnya secara menyeluruh.

Benar sekali bro, aplikasi ini mampu menambahkan senyum, membuat  jadi lebih muda atau lebih tua, bahkan mengubah gender seperti yang saya katakan tadi.

Namun hasilnya tidak selalu bagus. bahkan ada yang sampai blur maksimal. Tergantung kualitas foto selfie sih.

Cara Kerja Aplikasi

Sebenarnya ini yang agak sulit dimengerti bro. Saya sarankan bagi kalian yang tidak mau penjelasan teknis, kalian bisa skip langsung ke link download di akhir post.

Tapi kalau kalian kepo, bolehlah dibaca sedikit.

Oke, sebagian orang pasti berpikir kalau menempel senyuman di foto kita adalah hal yang sangat mudah. Apa coba, tinggal tempel aja kok.

Betul bro, tapi bentar dulu...

Senyuman bukan hanya pergerakan bibir, namun seluruh raut wajah berubah secara halus, pun begitu rumit.

Coba saja kalian berkaca pada sebuah cermin dan buat ekspresi datar, kemudian ubah perlahan jadi tersenyum, apa saja yang berubah dari wajah kalian?

Nah itulah yang membuatnnya rumit bro. Perubahan lembut yang begitu rumit pada seluruh bagian wajah.

Tentu saja mengedit foto orang dan menambah senyum pada photoshop merupakan hal yang relatif mudah jika dikerjakan oleh manusia. Namun apa jadinya kalau kita menyerahkan pekerjaan ini pada serangkaian kode dalam aplikasi itu sendiri? Hampir tidak mungkin!

Tapi dengan Neural Network, hal ini bisa tercapai.

Neural network memberi kemampuan kepada mesin untuk belajar dari pengalaman, sama seperti cara belajar manusia.

Jadi kasarnya, aplikasi FaceApp ini dulunya sempat belajar caranya mengedit foto, menjadi model aplikasi yang terlatih, kemudian sekarang sudah mahir dalam bidangnya!

Cara Pakai Aplikasi

Bagi kalian yang sudah download aplikasinya, tapi bingung mau mulai dari mana? Tenang saja bro. Cara pakainya gampang banget, ga pake setting apa-apa bro.

Yang perlu kalian lakukan adalah membuat foto dari wajah kalian dahulu, bisa langsung dari aplikasi atau dari galeri yang nantinya diimport ke aplikasi.

Setelah itu, kalian akan disuguhkan dengan pilihan, mau diapakan foto kalian. Seperti yang sudah saya bilang tadi, kalian bisa buat foto kalian tersenyum, buat jadi muda atau tua, bahkan berganti gender.

Untuk dapat ganti gender, kalian harus pilih menu collage terlebih dahulu.

Selanjutnya untuk menyimpannya juga gampang, kalian bisa langsung menyimpannya ke media penyimpanan smartphone kalian, atau langsung share ke media sosial

Nah, itu dia tentang aplikasi keren yang mampu membuat prediksi wajah lain kalian. Bagi kalian yang pengen download, bisa klik link di bawah.


Temukan di Google Play

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.