Saturday, August 12, 2017

Cara Terampuh Install Setting, Savestate dan Savedata di PPSSPP Android

cara install save data, save state, dan konfigurasi PPSSPP
Bermain game pada emulator PPSSPP di android tentu memberi kenikmatan tersendiri bagi para pecinta game konsol. 

Ada yang ga tau PPSSPP ?
mending kalian mampir ke artikel ini dulu

Kembali lagi mengenai kenikmatan pecinta game konsol..




Apalagi kalau kita main gamenya udah terlanjur tenggelam di dalam jalan cerita game tersebut. Bah, kata orang "tidak ada hari tanpa memainkannya" dah pokoknya.

Tapi bentar dulu, Ini apa??



Save Data?

Apa iya kita perlu yang begituan??


Balada Save Data

Memang ada suatu saat dimana kita memerlukan savedata orang lain., misalnya saja ketika kita penasaran sama ending suatu game..

Nah, sebenarnya disini saya tidak sarankan kalian pakai cara seperti ini, karena kita jadi cepat bosan mainin game kalau sudah tau ending dan achievement yang sudah ter unlock..

cara install save data di PPSSPP
Save Data Manager di PPSSPP


Tapi, untuk mengobati rasa penasaran, setidaknya ini pantas di coba.

Nah, untuk bisa menginstall savedata dari emulator ini, kalian harus melalui 2 tahap. Langsung saja saya jelaskan dari tahap pertama

Ketahui direktori PPSSPP

PPSSPP memiliki struktur direktori yang sama dengan PSP. Pada android, biasanya kalian akan menemukan folder bernama "PSP" di memory penyimpanan internal.

Cara install save data PPSSPP
Direktori standar PPSSPP


Nah, didalam folder PSP tersebut terdapat 4 subfolder, diantaranya:

  • PPSSPP_STATE: Tempat penyimpanan file savestate
  • SYSTEM: Tempat penyimpanan konfigurasi atau setting ppsspp, baik menyeluruh atau per game
  • GAME: Tempat penyimpanan game iso (seharusnya)
  • SAVEDATA: Tempat penyimpanan savedata alias file save yang tersimpan di memory card
Nah, setelah kalian mengetahui struktur direktori emulator ini, kalian akan tau dimana untuk menaruh apa.

Maksud saya begini, semisal nih kalian mau install save data yang akan di load melalui memory card, subdirektori SAVEDATA adalah target kalian. 

Tapi kalau kalian mau install file save yang akan di load melalui save state, kalian perlu menaruh file kalian di PPSSPP_STATE.

Ketahui kode game

Game PSP memiliki kode yang kalau dilihat agak bikin pusing, tapi, kode ini menandakan Region dan ID game.

Untuk dapat menginstall savedata, kalian harus tau kode game tersebut, supaya tidak salah taruh. Caranya gampang, biasanya mereka yang mengunggah savedata di internet tidak akan mengubah kode pada file save tersebut. Dengan begini, kita tinggal menyocokkan saja dengan apa yang ada di direktori ppsspp smartphone kita.


Jadi konsepnya kita replace file lama dengan file baru yang sudah di download dari internet.

Jika tidak ada, tinggal paste aja, kemungkinan besar kalian belum pernah menyimpan melakukan save saat main game yang bersangkutan.

Nah, berikut saya share beberapa kode yang setidaknya pernah saya lihat

  • ULUS10458: Harvest Moon Hero of Leaf Valley
  • ULUS10582: Naruto Shippuden Ultimate Ninja Impact
  • ULJM05800: Monster Hunter Portable 3rd (non-hd)
Atau, kalau kalian ga kepingin mengingat kode-kode game tersebut, setidaknya kalian masih bisa lihat thumbnail gambar yang ada pada setiap direktori save game itu.

Kurang tau juga maksud dari kombinasi huruf tersebut. Namun orang-orang bilang huruf kedua menandakan exclussive tidaknya game tersebut ("C" penyedia pihak pertama atau SONY, "L" menandakan pihak ketiga)

Tes Load

Nah, setelah kalian berhasil mereplace file tersebut, tinggal tes saja bro. Coba buka PPSSPP dan load gamenya. Jika berhasil maka selamat, kalian sudah mampu mengikuti tutorial ini dengan baik. Kalau tidak, kalian bisa coba lagi atau silahkan ajukan pertanyaan di kolom komentar di bawah.

Nah, itu saja yang dapat saya sampaikan kali ini bro.., Semoga berhasil install dan juga semoga kalian ga sering-sering pakai save data orang lain..

hahahaha..

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.