Wednesday, April 27, 2016

PPSSPP - Sebuah Konsol PSP di Android


Ada banyak hal yang membuat kenapa hape kita disebut Smartphone bro. Salah satunya adalah kemampuannya dalam meniru kinerja platform lain, atau sering disebut emulation. Nah, kali ini kita akan membahas tentang sebuah aplikasi yang bisa membuat kita bermain game PSP di ponsel pintar Android kita broo..

PPSSPP (PlayStation Portable Simulator Suitable for Playing Portably, katanya..) adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Henrik Rygard bro. Aplikasi ini ada pada berbagai platform, seperti Android, iOS (jailbreak), Windows, Mac OSX,  Linux, Symbian dan Blackberry 10. 

Aplikasi ini ada 2 versi, yaitu yang free dan donate version atau versi gold, tapi menurut gw pribadi itu sama aja bro (menurut yang punya juga sama) tapi kalo kita pake yang donate version (bukan yang bajakan) kita merasa lebih enak aja bro, sudah ikut menyumbang dalam project mereka.


Fitur-Fitur

Dengan teknologi canggihnya yang bisa meniru PSP, PPSSPP memiliki beberapa fitur unggulan bro, diantaranya:


High Customizable

Aplikasi ini sangat mudah untuk di custom sesuai kemauan kita. Salah satunya adalah layout control dan tampilannya. Kita bebas mengatur penempatan kontrol seperti D-pad, tombol select, start, L dan R, juga action kontrol. Visibilitynya juga bisa diatur sesuai kemauan, bisa dimunculin atau dihilangkan. 

Tilt Control

Suka main game balap di android bro? Nah, berarti tau kan tilt control? Itu lho yang hape dimereng kiri kanan biar mobil kita bisa nikung..., ya, nikung..


Nah fitur ini sudah disajikan di dalam aplikasi ini untuk memenuhi kebutuhan bro-bro sekalian yang suka nikung-nikung, bahkan malah ga ada pada konsol PSP yang asli.. kwkwkw. Kemampuannya juga tidak terbatas pada tilt untuk control analog, bisa juga di set-up untuk control d-pad, action button, bahkan kontrol L/R.

 

Combo Key

Nah, untuk fitur yang satu ini eksklusif ada pada platform touchscreen kayak android kita bro. Gunanya apa? sebentar, gw mau nanya bagi kalian yang pernah main PPSSPP di android.
Mencet tombol barengan di PPSSPP itu nyaman, enak dan gampang kan bro?
Jawabannya itu Enggak Banget bro. Yang ada lo malah salah pencet, trus karakter lo tewas dan lo jadi stress.


Untuk mengakomodir kebutuhan user dengan touchscreen, PPSSPP dengan bijaknya menambahkan fitur combo key untuk memudahkan kita memencet tombol bersamaan yang biasanya digunakan untuk ngeluarin kombo, macem sharenggan (sharingan + rasenggan)

Nah, cara menggunakannya juga gampang bro. Tinggal pilih nomor kombinasi, misalnya 1, kemudian centang tombol yang ingin di buat combo, misalnya O dan X, lalu munculkan tombol kombinasi pada settingan layout button dengan mencentang visibility dari tombol combo 1 tersebut. Gampang kan?

Savestate

Kalo game pada umumnya, lo mesti nyari save point cuman buat ngesave game lo. Nah buat lo yang ga punya waktu buat dateng ke save point, karena sibuk atau banyak urusan, lo bisa manfaatin fitur ini broh.. Berguna banget kan buat saving time, karena kata orang, time is money bro..



Bisa juga dimanfaatin buat curang bro. Pas tewas lagi lawan raja, kadang-kala kita ngulangnya jauh banget, nah, kita kan suka praktis tuh, jadi sebelum fight kita save state aja, biar kalo ngulang ga jauh.. 

Kalau perlu, setiap dapet mukul sang boss sekali, kita save state biar greget.

Tapi gw yakin bro, lo orangnya baik hati dan jujur, karena yang bisa melihat blog gw cuman orang yang jujur (gw ngerti blog gw ga populer bro :') ). Jadi ga level maen cheat-cheat begini, apalagi pake gameshark dan sebagainya :)


Beda Game, Beda Konfigurasi

Seperti judulnya bro, diferent game different configuration, jadi kita bisa membuat settingan berbeda di setiap game.

Settingan game ini juga tidak akan ter reset setiap kita membuka game tersebut, karena ada fiture save game configuration dan akan otomatis ter-load ketika kita menjalankan game tersebut. 

Nah, cara untuk menggunakan fitur ini adalah dengan memainkan dulu game yang ingin di setting, kemudian ketika game masih running, pause game dengan memencet tombol back dan mulailah melakukan settingan yang tepat.

Setelah merasa puas dengan settingan tersebut, pilih create game configuration, dan voila, settingan game anda tidak akan berubah (kecuali jika kita yang merubahnya)

Untungnya apa bro? Ya, kita tidak perlu repot-repot untuk melakukan setting ulang bro, terutama jika kita memainkan lebih dari 1 game.

Unthrottle

Bagi kalian yang ga suka nunggu, fitur ini bisa jadi bermanfaat bro.

Walaupun fitur ini ada di hampir setiap emulator, setidaknya ini ga ada di PSP asli bro.

Apa fungsinya?

Ya intinya bisa nge-skip moment-moment yang engga lo suka, macem fast-forward di video player bro. Misalnya pada cutscene game yang lagi lo mainin, ada adegan pornonya bro, dan sebagai orang yang baik lo skip tuh momen biar ga jadi dosa bro. Kan keren bro..

Enable Cheat

Satu lagi bro, ada fitur buat mereka yang suka nipu bro, nipu game maksudnya. Nih fitur fenomenal banget bro, bisa bikin game lo ancur juga.

Fitur satu ini gw ga rekomen deh bro, disamping bersifat experimental, merusak kesenangan juga bro. Apaan coba, lo maen game trus cheat, abis itu lo langsung kaya, istri lo (di game) jadi banyak, abis itu lo bosen dan nyalahin game nya. Kasihan bro..
Your life is better than that man..


Itulah beberapa fitur unggulan PPSSPP bro..

Namun, untuk dapat merasakan kesenangan dengan game kesayangan di ponsel pinter kita, ada beberapa tahapan yang harus dilalui bro. Tapi, sebelum itu, lo harus udah punya game PSP nya dalam format .cso atau .iso. Nah disini gw anggap lo udah punya gamenya di storage Android lo, maka dari itu, mari mulai dengan tahap instalasi


STEP 1: Instalasi

Aplikasi ini bisa didapat di playstore maupun di website officialnya disini. Sekali lagi gw ingetin bro, jangan download aplikasi versi gold diluaran sana. Kenapa begitu? Karena selain sama aja dengan versi reguler nya, lo buang-buang waktu dengan mencari link download aplikasi bajakannya bro. Belum lagi ada malware, spyware, adware dan aplikasi berbahaya lainnya yang bertebaran, yang nyaru-nyaru jadi PPSSPP gold.. kwkwk


Setelah kita install, silahkan dibuka aplikasinya, kemudian silakan pandangin beberapa saat.. kalo udah bosen ngeliatin halaman utamanya, bisa kita lanjutkan ke step 2


STEP 2: Setting Up

Aplikasi ini ga serta merta bisa njalanin game-game kita bro. Kenapa gitu? ya karena ini adalah aplikasi yang meniru cara kerja PSP bro. Ini bukan aplikasi PSP yang official, oleh karenanya ada beberapa patch dan tweak yang mesti dilakukan demi kelancaran game kesayangan kita.
Nah setelah install aplikasi, langsung aja buka aplikasinya bro, kemudian klik setting, nanti ada tampilan seperti ini:



Pada interface ini, kita bebas mengaktifkan dan menonaktifkan beberapa hack. Setiap game rata-rata memiliki settingan yang berbeda untuk bisa dimainkan secara optimal. Nah, untuk pembahasan settingannya, kalian bisa baca di: Panduan setting PPSSPP di Android

STEP 3: Have Fun

Ya Have Fun bro, serius.. Cuman ada 3 step untuk mencapai kesenangan tiada tara.. kwkw

Tapi yang harus diperhatikan adalah waktu bro. Jangan baru asik main malah ga inget waktu, karena kasihan ponsel pintar lo bro, jadi panas, jadi sering ngecharge juga... kwkw

Baca juga: PPSSPP Lambat, Mungkin Sudah Saatnya Coba Aplikasi Ini

Oh iya, satu lagi bro. PPSSPP rata-rata berjalan cukup baik pada ponsel pintar dual core armv7. Kalo punya yang octa core malah lebih bagus bro. Tapi jangan banyak berharap bagi kalian yang punya ponsel armv6 bro, gimana ya, susah bilanginnya. Pokoknya gamenya ga bakal mau bro. Untuk RAM nya, PPSSPP ga terlalu makan ram, jadi aman-aman aja bro.

Sekian dulu sharing masalah PPSSPP nya bro, lain kali gw kupas lagi tentang aplikasi fenomenal ini bro

Ditunggu aja update selanjutnya yak..

BYE

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.