Friday, September 8, 2017

Smartphone Kamu Support 4G? Begini Cara Ampuh Buat Mengetahuinya!

Cara ampuh mengetahui smartphone support 4g di Indonesia
Seiring perkembangan jaman, smartphone semakin smart, pengguna pun ga kalah saing. Semua orang membicarakan 4G, LTE, dan 4G lagi.

Tapi taukah kalian apa bedanya 4G dan LTE?

Kalian bisa baca artikel menarik ini: Apa Itu 3g, 4g, Dan LTE Serta Perbedaanya

4G merupakan generasi ke-4 dari perkembangan telekomunikasi mobile yang melanjutkan teknologi 3G dimana perbedaannya terbesarnya terletak pada kecepatan akses.


Nah, jaman sekarang, kalau kalian beli smartphone baru supaya tahan gempuran jaman (ga cepet kuno), minimal kalian harus tau apakah produk yang kalian beli itu mendukung teknologi ini.

Tapi gimana caranya coy?

Gampang..

Kalian ga perlu siap-siap untuk stress karena istilah-istilah teknlogi yang menakutkan..

Disini saya akan jelaskan sesederhana mungkin

Cara mengetahui dukungan 4G pada smartphone

Ketika kita melihat spec sebuah produk smartphone, biasanya sudah ada label pada iklan, cover box, bahkan pada penjelasan spec produk itu sendiri. Dari ciri ini, kalian bisa mengetahui apakah produk itu mendukung jaringan 4G atau tidak.

Informasi dukungan 4G di GSM arena


Sangat sederhana..

Tapi tunggu dulu...

Tidak segampang itu bro. 

Sebelum kalian memutuskan untuk membeli smartphone luar yang tidak resmi di Indonesia, kalian harus tau yang satu ini bro. Tidak semua teknologi 4G yang ada di dunia ini didukung di negara kita, Indonesia. Jadi jangan sampai salah bro...

Mengetahui dukungan 4G di Indonesia.

Nah ketika kampanye 4G LTE gencar di setiap produk smartphone canggih jaman ini, Negara kita kan tentunya tidak mau ketinggalan bro. Nah, pada saat awal-awal munculnya, frequensi yang digunakan adalah di 900 MHz (Band 8).

Namun siring berjalannya waktu, pemerintah melakukan penataan dan pemindahan frequensi komersial ke Band 3 (1800 MHz). 

Hampir semua operator saat ini mendukung frequensi 900MHz (Band 8) dan 1800 MHz (Band 3). Akan tetapi untuk jaringan CDMA seperti Smartfren, frequensi yang digunakan adalah 850 (Band 5), namun akan segera pindah ke 2300 MHz (Band 40).

Jadi singkatnya, jika kalian ingin membeli smartphone 4G, ada baiknya pertimbangkan hal ini dulu. Pastikan kalau smartphone yang akan kalian beli sudah mendukung frequensi 900 MHz (Band 8) dan 1800 MHz (Band 3). Jika itu CDMA, minimal sudah harus mendukung band 2300 Mhz (Band 40), atau bolehlah 850 MHz (Band 5).

Tapi bagaimana cara mengetahui dukungan frequensi tersebut pada sebuah smartphone??



Sekali lagi saya katakan, gampang bro..

Kalian hanya perlu kunjungi situs www.frequencycheck.com kemudian tinggal cari produk yang akan kalian teliti.

Mengetahui frequensi 4G LTE pada sebuah smartphone
Langkah pertama: ketik perangkat yang kalian cari
Kemudian, setelah menekan tombol cari, jika ada banyak hasil pencariannya, carilah produk yang benar-benar cocok dengan apa yang kita cari.

Memilih perangkat pada website frequency check
Pilih yang sesuai dengan apa yang kita cari

Selanjutnya, detil terhadap dukungan network perangkat tersebut akan segera ditampilkan, termasuk detil dukungan LTE. Kita bisa lanjut cari frekuensi yang tersedia di negeri kita ini, yaitu Band 3 dan Band 8.

Dukungan LTE Xiaomi Mi5 versi Internasional

Nah, kalau yang cocok hanya satu Band, misalkan band 3 saja, tidak masalah, selama operator yang nantinya kita pakai juga mendukung frekuensi yang sama.

Tapi jika kalian masih ragu terhadap frekuensi yang didukung terhadap operator di Indonesia, kalian juga bisa cari informasinya di website frequencycheck.com ini...

Pencarian terhadap keyword Telkomsel
Telkomsel yang mendukung hanya 2 Band (Band3 dan Band8)


Dengan begini, kalian akan dapat informasi menyeluruh terhadap dukungan 4G LTE sebuah perangkat yang akan kalian beli.

Nah, saya rasa sekian dulu yang bisa saya share kali ini. Semoga smartphone yang sangat kalian idam-idamkan mendukung jaringan 4G di Indonesia ya..

Jika kalian punya pertanyaan atau pendapat lain, kalian bisa share di kolom komentar. Pasti saya baca bro.. hahaha..

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.