Sunday, May 31, 2020

Cara Menggunakan Aplikasi Kinemaster Untuk Pemula, Dijamin PRO !

Cara Menggunakan Kinemaster untuk pemula
Semakin berkembangnya teknologi, semakin memudahkan kita dalam melakukan berbagai hal, salah satunya mengedit video.

Dulu mengedit video merupakan aktivitas yang wah mas, karena biasanya dilakukan di PC dan membutuhkan spec yang tinggi dengan dukungan kartu grafis dan prosesor yang oke.

Tapi sekarang apa ? anak-anak dengan ponsel Android pun bisa melakukannya.

Salah satunya dengan aplikasi bernama Kinemaster.

Ga mau dong ketinggalan sama anak-anak jaman now..

Nah, bagi kalian yang ingin tau tutorial bagaimana cara menggunakan aplikasi kinemaster, kalian berada pada artikel yang sangat tepat.

Karena, saya akan share pengalaman mengedit bertahun-tahun dan cara menggunakan Kinemaster yang ramah bagi pemula, dan setelah baca artikel ini, saya jamin kalian jadi PRO dan tidak malu lagi pamer sama anak-anak jaman now itu.

Sebelum memulai

Kinemaster merupakan salah satu aplikasi video editing paling oke yang ada di ponsel. Workspace yang familiar (mirip Adobe Premiere) membuat para video editor nyaman karena tidak perlu belajar banyak lagi pada interface baru.

Nah workspace inilah yang perlu kalian kuasai dulu sebelum mulai mengedit video.

Apa saja yang perlu diketahui ?


Antarmuka Kinemaster

Kinemaster terdiri dari 4 elemen utama,

Tampilan Kinemaster
tampilan utama kinemaster

1. Project Preview

Disini, kalian akan melihat hasil video yang telah diubah, baik dengan pemberian efek atau penggabungan beberapa media. Video yang diputar disini bersifat realtime, yang berarti akan terus terupdate ketika kita melakukan perubahan pada timeline.

Intinya, ini untuk melihat dan memeriksa hasil editan sebelum di ekspor menjadi video hasil jadi.

2. Media Panel

Area ini merupakan area berkumpulnya menu-menu yang berhubungan dengan proses kreatif

Menu Utama
tampilan menu utama


Disini terdapat Media browser, Audio Browser, Voice Over, Layers,  Capture, dan Media Property.

Ada juga menu tambahan seperti marketplace, play button, dan exit, tapi tidak secara langsung berhubungan dengan proses editing.

A. Media browser

Dengan menu ini, kita bisa mengimpor berbagai media visual ke dalam project sebagai media utama. Media utama sendiri merupakan media yang menentukan alur dari video kita.

Kalau mau memasukkan klip video atau foto, kita bisa tinggal pilih dimana media itu disimpan

B. Audio Browser

Dengan audio browser, kalian bisa menambahkan soundtrack  ke video kalian. Untuk dukungan codec, Kinemaster mendukung file berekstensi .mp3, .m4a, .aac, dan .wav.

C. Voice Over

Berbeda dengan audio browser yang digunakan untuk memilih file suara yang sudah tersimpan, pilihan ini sebenarnya merupakan perintah langsung untuk menangkap / merekam suara.

Biasanya digunakan untuk voice over, atau proses dubbing.

D. Layers

Menu ini merupakan kumpulan berbagai hal yang dapat diaplikasikan diatas media utama, seperti efek, overlay, text, goresan tangan, bahkan video lain sekalipun.

Logikanya jika kalian ingin menambahkan apapun itu diatas video utama, kalian bisa menambahkannya melalui menu ini.

Nah, biasanya hal yang ditambahkan lebih ke hal yang bersifat menegaskan video dan memberi penekanan terhadapnya.

E. Capture

Pilihan ini berfungsi layaknya tombol shutter pada kamera, yang mana biasanya difungsikan untuk merekam atau mengambil gambar secara langsung tanpa harus membuka aplikasi kamera dulu.

Hasil tangkapan juga akan langsung diimport ke timeline, sehingga dengan begini, proses editing akan lebih efisien, dan lebih on-the-go.

F. Media Control

Menu ini merupakan menu tersembunyi di area menu utama, yang hanya bisa diakses ketika kalian memilih sebuah item di timeline. 

Media Control
tampilan media control

Disini, kalian bisa mengatur bagaimana perilaku dari klip atau objek yang kalian pilih, seperti animasi, kecepatan klip, tingkat volume, pewarnaan, dan sebagainya.

3. Timeline

Ini merupakan tempat dimana semua media diletakkan secara linear untuk membentuk alur cerita. Disinilah sebagian besar proses editing dilakukan.

Dalam timeline ini ada 2 tipe media, yaitu primary timeline dan secondary timeline.

Primary timeline merupakan segala media yang diimport menggunakan Media browser, yang menjadi alur utama project, sedangkan secondary timeline diimport menggunakan menu Layers

4. Action Bar

Area ini merupakan tempat berkumpulnya menu yang berhubungan dengan project, baik setting project, menu export, undo-redo, dan sebagainya, berbeda dengan media control yang lebih berhubungan langsung dengan proses kreatif.


Mengedit Menggunakan Kinemaster Untuk Pemula

Setelah mengetahui antarmuka Kinemaster secara singkat, sekarang kita bisa mulai mengedit video menggunakannya. Untuk proses editing pertama kali, mungkin membutuhkan waktu untuk jadi terbiasa.

Workflow


Tapi tenang saja, seiring seringnya kalian edit video menggunakan aplikasi ini, tangan kalian akan semakin encer.


Langkah awal

Di awal membuka aplikasi, biasanya kita diminta untuk memutuskan menggunakan mode editing cepat dengan setup atau manual

Tampilan Awal
tampilan awal kinemaster

Untuk metode dengan setup, kita biasanya akan dibantu untuk memulai dengan mengisi beberapa isian yang menyangkut dengan title video, intro, sampai outro.

Setelah itu kita juga diminta untuk menambahkan media utama dan soundtrack bahkan sebelum proses editing dimulai.

Tapi saya sarankan kita main di manual saja, karena semua bisa kita atur ketika memulai proses editing.

Disini juga penting untuk memilih aspect ratio dari project yang akan kita kerjakan. Pilih saja 16:9 untuk widescreen (lanskap), kecuali kalau video kalian semuanya portrait.

Cara Mengimport Video Kinemaster

Ketika sudah sampai di interface utama, kalian bisa memilih menu Media Browser untuk memulai mengimport file.

Media Browser
media browser untuk mengimpor media

Kemudian, kalian cari video yang akan kalian gunakan. Disini setiap kalian memilih file, media tersebut akan langsung diimport ke primary timeline. 

Media Browser
temukan file untuk diimport dan pilih

Nah, kalian bebas memilih berapapun media yang akan digunakan, tinggal langsung pilih saja. Tapi ingat, harus secara berurutan, karena kalau tidak, timeline kalian akan kacau.

Jika sudah selesai, kalian bisa tekan tanda centang di pojok kanan atas untuk keluar dari menu tersebut.

Menambahkan Soundtrack di Kinemaster

Menambahkan soundtrack di awal merupakan cara yang baik jika kita ingin hasil video yang lebih terarah, karena soundtrack ini bisa bertindak sebagai acuan seberapa lama sebuah klip diputar, dan tipe klip apa yang dipasang disana.

Menambah soundtrack
tekan tombol audio browser

Untuk bisa menambahkan soundtrack, kalian tinggal pilih menu Audio pada Media panel, kemudian pilihlah sebuah musik, kemudian tekan tombol bertanda + untuk menambahkannya pada timeline.

Memanbahkan file audio
pilih lagu dan tekan tombol +

Disini kalian juga bisa melakukan preview terhadap audio hanya dengan memilihnya saja, kemudian tekan tombol pause untuk menyudahinya.

Ketika sudah selesai, pilih tanda centang di pojok kanan atas untuk keluar dari menu tersebut.

Memotong / Trimming Video di Kinemaster

Nah, setelah diimport, biasanya akan ada beberapa porsi media yang tidak diperlukan. Kalian bisa membuangnya dengan cara trimming ini.

Langkah yang harus dilakukan hanya memilih media yang akan dipotong pada timeline, kemudian akan muncul menu Media Control pada Media Panel yang berisikan berbagai menu yang hanya berfungsi pada media terpilih pada timeline.

Untuk proses trim, kalian siapkan posisi timeline dengan menggeser-gesernya ke bagian yang ingin dipotong dulu. Kemudian pilih ikon gunting untuk memilih dan mengeksekusi mode trim.

Memotong video
pilih media di timeline dan sesuaikan

Setelah memilih ikon gunting, media control akan menampilkan menu lain, yaitu mode trimming. 

Mode trimming
mode-mode trim / split

Masing-masing mode memiliki hasil yang berbeda. Yang paling atas akan memotong video dan menghapus bagian awal, sedangkan yang kedua akan memotong dan menghapus bagian akhir. Untuk pilihan ketiga hanya akan memotong media menjadi dua bagian, dan yang terakhir akan memotong dengan menyisipkan gambar screenshot pada bagian yang dipotong.

Pilih salah satu sesuai kebutuhan kalian, kemudian setelah itu, media pada timeline akan terpotong sesuai dengan mode potong yang kita pilih tadi.

Sekali lagi, tekan tanda centang jika sudah selesai melakukan perubahan.

Menambahkan Layers di Kinemaster

Seperti yang dijelaskan pada penjelasan antarmuka di atas, layers berfungsi untuk menambah lapisan baru diatas timeline utama.

Kinemaster layers
tampilan menu layers pada kinemaster

Lapisan ini bisa berupa efek, gambar overlay, text, bahkan media lain seperti foto dan video.

Menambahkan efek layer

Efek merupakan cara yang bagus untuk memberi penekanan terhadap klip. Kalian bisa membuat klip kalian menjadi seperti di dalam air, terlihat seperti glitch, blur, bahkan seperti tersensor dengan hanya menambahkan efek.

Untuk dapat menambah efek diatas timeline utama, kalian bisa pilih menu Layers, kemudian pilih efek.

Menambahkan Efek
menu efek pada layers

Nah, untuk efeknya sendiri, kalian bisa pilih sesuka hati, tergantung kebutuhan. 

Menambah efek
memilih efek

Untuk kumpulan efek tambahan, kalian bisa cari dengan menu marketplace atau yang bertuliskan Get More.

Efeknya bisa juga kita atur sebagian mana saja. Caranya adalah dengan memilih efek yang barusan kita gunakan pada timeline, dan mengatur ukurannya di panel preview

Mengatur area efek
mengatur area efek

Setelah itu kita bisa mengatur seberapa lama efek yang diterapkan dengan mengaturnya di timeline, dan jika sudah selesai, tekan tombol centang di pojok kanan.

Menambahkan layer video dan foto

Pada dasarnya menambahkan layer video mirip seperti cara menambah efek untuk video. Kita hanya perlu memilih menu layers, kemudian pilih media dan temukan media yang ingin kalian gunakan.

Menambah media
pilih menu layer > media

Menambah overlay media
media overlay juga bisa diatur ukurannya

Kalian bisa mengatur ukuran media overlay, mungkin mau dibuat seperti video commentary youtube dimana video overlay diletakkan di pojokan, atau dibuat seperti split screen, dimana frame video dibagi menjadi 2 video, kiri dan kanan.

Bebas, tanpa batas.

Yang menjadi batasan hanya imajinasi kita saja.

Menambahkan clip art overlay

Untuk menambah emoticon atau clip art overlay, kita hanya perlu memilih menu layers > overlay

Kemudian pilih apapun yang ingin kalian tambahkan. 

Kelebihan dari overlay ini adalah kalian bisa menambah ikon beranimasi diatas video yang kalian edit.
Untuk kumpulan clip art yang mempesona, kalian bisa temukan di kinemaster marketplace.


Menambahkan text

Untuk text, langkah yang bisa kalian ambil adalah memilih menu layers > text. 

Menambahkan text
menu text berada di dalam menu layer


Kemudian ketikkan text yang akan kalian gunakan, lalu tekan ok.

Menambahkan text
tampilan text editor


Untuk jenis text, kalian bisa piling menggunakan menu di Media Panel, lalu tinggal pilih font yang kalian inginkan.

Menambahkan text
memilih gaya tulisan

Untuk kontrol yang lain juga dapat diatur di Media panel, seperti animasi masuk, keluar atau warna. Intinya kita tidak dibatasi dalam proses kreatif ini

Menambah gambar tangan / tulis tangan

Untuk menggambar di kinemaster, kalian dapat akses di menu layers > hand drawing.

Menambah tulis tangan
Menambah tulis tangan

Kalian dapat menggambar apapun yang kalian inginkan. Supaya lebih menarik, kalian juganbisa mengganti warna yang tersedia di Media Panel.

Menambahkan Voice Over di Kinemaster

Ketika kita ingin mengisi narasi untuk project video ini, kita hanya perlu memilih menu Voice pada menu utama, kemudian tekan tombol start.

Menambahkan voice over
pilih menu Voice

Menambah voice over
ketuk tombol start


Ketika sudah dirasa cukup, kalian bisa tekan tombol stop, dan narasi akan langsung diimport ke timeline secara otomatis.

Lalu lakukan sedikit penyesuaian dengan memilih narasi tersebut pada timeline dan lakukan trimming. Jika kalian ingin lebih kreatif, kalian bisa menambah efek pada suara kalian tadi.

Mengekspor Video di Kinemaster

Ini merupakan langkah terakhir dalam mengedit video. Mengekspor video membuat video kalian dapat dibagikan di media sosial, atau youtube. 

Caranya, kalian hanya perlu menekan tombol share pada Action Bar di sebelah kiri, kemudian pilih ukuran dan setting kualitas video.

Export Video
pilih tombol share pada Action Bar

Export Video
atur kualitas dan framerate video

Setelah semua oke, tekan tombol export. Proses akan dimulai, bersabarlah.

Export video
bersabarlah menunggu

Jika sudah selesai, video akan muncul di sebelah kanan. Nah dari sini kalian bisa langsung bagikan kemanapun.



Jika kalian sudah sampai pada tahap terakhir dan berhasil mengeksport sebuah video, maka selamat...

Kalian sudah berhasil menjadi seorang video editor.

Dan itu berarti akhir dari tutorial singkat membuat video menggunakan Kinemaster bagi pemula.

Jika ada yang masih mengganjal, kalian bisa share di kolom komentar.

Mari kita cari solusinya sama-sama

Sampai jumpa !


Header : rawpixel.com

Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Mari budayakan komen brader...

Powered by Blogger.