Wednesday, March 15, 2017

Kenali Refurbished iPhone Agar tak Menyesal Kemudian


Halo bro

Bagi kalian yang suka liat iklan di situs jualan online, pasti kalian kenal dengan istilah refurbished iPhone. Sempat dibuat bingung sama istilahnya apakah artinya produk ini hasil rekondisi, produk yang ga laku di pasaran, atau produk kualitas rendah lainnya? Saya juga sempat merasakan hal yang sama bro. Namun setelah saya telusuri, ternyata kebingungan itu pun hilang, dan saya mendapatkan jawaban yang saya butuhkan.

Apa itu refurbished iPhone?

Produk ini sebenarnya adalah hasil dari penarikan apple terhadap produknnya yang sudah dipakai akibat klaim garansi, atau ataupun yang sama sekali belum dipakai karena kecacatan saat pengiriman maupun produksi bro.

Apple Certified Refurbished Products are pre-owned Apple products that undergo Apple's stringent refurbishment process prior to being offered for sale. While only some units are returned due to technical issues, every unit is evaluated to ensure it meets Apple's quality standards.  -Apple.com

Nah barang-barang ini kemudian kembali ke tangan teknisi apple yang handal yang mana akan diperbaiki dan di tes ulang secara menyeluruh sesuai standar produksi apple (sama seperti tes iPhone baru). Nantinya produk ini dijual dengan harga yang lebih murah dan diberi keterangan sebagai produk refurbish.

Lalu apakah produk ini sama dengan produk rekondisi? 

Nih, saya mau kasih tahu kenyataan yang pahit bro. Ada 2 macam produk yang menggunakan istilah refurbished sebenarnya bro, yang satu official dari apple, yang satunya lagi itu non official. Jelas kita harus bisa membedakan kedua barang rekondisi ini kalau tidak ingin rugi dikemudian hari.
Lho kan alurnya sama saja, barang yang tidak layak pakai didaur ulang kemudian dijual kembali..
Iya memang mirip bro, tapi banyak juga perbedaannya. Dari kualitas sampai pelayanannya itu udah jauh berbeda. Ibarat bumi dan langit, ga akan pernah sama bro.

Nah berikut saya jabarkan tentang perbedaannya :

Standar kelayakan

Mereka yang mengerjakan produk refurbished official ini adalah orang-orang kompeten (official Apple gitu loh), dan telah lulus uji kelayakan sesuai standar yang berlaku. Jadi beda sama rekondisi yang dibenerin sama teknisi non apple dari segi kualitas pengerjaan.

garansi kualitas produk apple refurbish
Garansi kualitas apple


Singkatnya, produk apple refurbish ini adalah rekondisi official dari Apple (kualitas terjamin), sedangkan non official (rekondisi) adalah barang rusak yang diperbaiki jadi hidup kembali. :D

Nah disini saya tidak mau bilang produk rekondisi yang tidak resmi itu jelek semua. Tapi itu tergantung nasib kali ya, pokoknya untung-untungan gitu bro. Tapi kalau semisal nih kita beli iPhone refurbish yang official, eh apes ternyata bermasalah juga. Nah disini kita masih dijamin bro, kita bisa mengajukan keluhan atau pengajuan garansi yang resmi bro. Jadi masih ada backup gitu.

Terdapat garansi official

Nah seperti yang saya sampaikan di atas, iPhone refurbish itu punya garansi resmi selama 1 tahun, sama seperti yang baru. Kalau iPhone rekondisi mah ngga pake yang beginian bro. Paling-paling cuma garansi toko, itupun ga berani jamin selama setahun penuh. (dan ga jamin bakal ditanggung)

We test and certify all Apple refurbished products and include a 1-year warranty. All refurbished iPhone models also include a brand new battery and outer shell. Supply is limited and availability is guaranteed once we receive your full payment. -Apple.com

Pernah saya baca curhatan dari seorang blogger yang sempat beli iPhone refurbish dari salah satu situs jual beli online. Cuman katanya abis 3 hari dipakai sinyal nya langsung main-main sampai akhirnya mati total. Tapi hebatnya baru 3 hari dipakai, masih dalam garansi toko dong seharusnya ya, malah ga ada yang respon. Apes bener tuh bro kita.

Kelengkapan

Ketika iPhone refurbish dipasarkan, kelengkapan yang disertakan itu layaknya iPhone baru bro. Baik charger, headset, dan yang lainnya itu asli official, bukan barang KW murahan. Dalemannya juga diganti baru bro, seperti batre maupun casing nya. Jadi bisa dipastikan batre bebas drop dan casing masih mulus.

Kalau iPhone rekondisi non official mah biasanya menyertakan aksesoris yang seadanya. Pokoknya asal kejual deh, Udah batre ga diganti, chargernya abal-abal pula. Ga heran banyak yang complain masalah batre yang ngedrop. Maklum jugaan belinya jauh lebih murah :D.

Dijual dengan box simpel bertuliskan certified pre-owned

Jangan tergiur dengan box yang ada gambarnya bro, walaupun terlihat seperti barang baru, produk refurbish yang kalian beli kemungkinan besar bukan official dari apple. Gile Muke!

box standar iphone baru
box original iPhone baru

Hal ini dikarenakan apple selalu mengemas produk refurbished nya dengan box yang simple, tanpa gambar seperti yang terdapat pada smartphone baru nya. Desain box seperti ini memang sengaja mereka gunakan sepertinya untuk membedakan mana produk baru dan yang telah mengalami proses refurbish. Jadinya pas dijual, vendor yang jual ga bisa tipu-tipu bilang produk ini sebagai  produk baru.

box standar iphone refurbish
Box simpel refurbish
Kalau kita jeli melihatnnya, pada box iphone ini terdapat label bertuliskan Apple Certified Pre-Owned. Ini juga bisa sebagai indikasi bahwa smartphone yang kita beli merupakan iphone refurbish.

label apple certified pre-owned
Label khas iPhone refurbish

Kesimpulan

Nah, dari penjelasan tadi seenggaknya kita tau bahwa ada 2 tipe refurbished iphone yang beredar dipasaran bro. Yang satu official terjamin, yang satunya non-official alias rekondisi. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Kalau kalian berencana mau beli yang dijual online atau offline, ada baiknnya kalian langsung menanyakan penjual apakah barang tersebut merupakan official refurbish atau non-official. Tidak ada salahnya juga kalian bertanya lebih detil lagi seperti apakah batre sudah diganti baru, tentang goresan atau kecacatan layar, dsb., karena ini menyangkut uang jutaan rupiah bro. Lumayan buat beli gorengan 3 bulan.

Lebih bagus lagi kalau berencana beli iphone refurbish (yang rekondisi sekalipun) di toko offline karena kita bisa langsung cek barang. Bukan berati juga belanja online ga aman, tapi usahakan belanja di situs yang menyediakan fasilitas retur (pengembalian barang), kali aja yang kalian beli itu udah parah, ga bisa di pake.

Nah sekian dulu cerita panjang tentang "legenda" Refurbished iPhone bro. Lain kali mampir lagi di ngelewa.com, ada banyak cerita lagi yang bisa kia share :D

BYE

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.