Sunday, March 12, 2017

Xperia ZR Docomo: Beli Bekas Berkualitas


Greeting broooo...
Semoga di hari yang indah ini kalian terbebas dari kesialan-kesialan yang menyedihkan
Ya..
Kali ini saya akan share tentang pengalaman saya setelah membeli ponsel Xperia ZR docomo yang juga dikenal dengan Xperia A.

Xperia ZR Docomo?

Docomo adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Jepang bro. Ya operator terkenal sekelas Telkomsel di negara ini bro. Jadi xperia zr versi docomo adalah versi jepang dari xperia zr yang rilis global.

Tampilan dari Xperia ZR Docomo
Penampakan serba Jepang

Lho, bukannya Sony itu produk jepang? kenapa produk jepang punya versi jepang? 
Wah, saya saranin jangan sok kritis deh bro, demi kebaikan kita bersama.. yah,, yah,, :D (bercanda)

Jadi memang sony itu perusahaan asal jepang, namun produk xperia itu dirilis umumnya untuk konsumen global. Nah, kali ini mereka merilis versi ponsel yang dibundle dengan operator jepang, yang mana berarti hanya bisa digunakan di jepang saja, alias tidak bisa ganti kartu sim ke operator lain, alias ter-lock. Bah!!

Tapi tenang saja bro, kalau kalian mau membeli ponsel ini yang banyak beredar di forum, jangan takut kalau ga bisa pakai sim card indonesia karena umumnya yang dijual sudah ter-unlock sim card secara permanent.

Baca juga: Tips Bijak Membeli Smartphone Tanpa Penyesalan

 

Sekilas Tentang Xperia ZR versi docomo

Jika kita lihat di banyak lapak jual beli ponsel bekas, mungkin sudah banyak beredar iklan jual tipe ponsel ini yang harganya jauh dari versi ZR globalnya. Lumayan bro, saya dapatkan di harga Rp. 950.000 dengan kelengkapan box, charger, dan headsetnya. Untuk fisiknya juga masih mulus bro. Namun apakah ponsel ini adalah ponsel abal-abal? Nggak juga.

Tampilan depan dan belakang
Tampilan depan dan belakang (OS lama)


ZR versi docomo adalah ponsel yang memiliki spesifikasi yang sama, bahkan lebih dari versi globalnya. 
Lebih? Maksudnya apa?
Spesifikasi dasar Xperia ZR Docomo
Xperia ZR Docomo Spec

Iya, lebih. Ponsel ini menggunakan chipset Qualcomm APQ8064 Snapdragon S4 Pro yang juga digunakan pada versi  global. Processor quadcore 1.5 Ghz dan Adreno 320 yang disematkan juga turut membuat kinerja ponsel ini semakin mantab souls! 

Untuk kamera, tidak usah ditanya. 13 Megapixel sudah cukup buat kebutuhan jepret-jepret masa kini. Fitur anti air? tentu ada bro! Kalian bisa lempar hp ini ke kolam renang dan pas diambil dijamin masih nyala broohh.. (syarat dan ketentuan berlaku :D )  Jadi masih bisa ambil foto sambil nyilem-nyilem. Namun sayangnya kamera depan masih VGA, but who cares man?

Lho dimana lebihnya?
Sabar bro, baru mau jelasin. Kelebihan versi docomo ini adalah internal memory nya yang 32 GB bro. Saya ulangi bro, 32 GB BRO!, dibanding versi global yang cuman 8 GB belum dipotong tax and service, (eh, partisi sistem dan lain-lain maksudnya) yang pada zaman sekarang ini, bisa buat apa broo? Duh!

Tapi artikel kali ini bukan mau menjelek-jelekan ZR versi global lho ya, jadi tetep positif aja bro.

Ada satu lagi yang sebetulnya agak menggangu bro, ponsel ini sebetulnya sudah support jaringan LTE. Namun frequensi yang didukung hanya frequensi LTE docomo yang mana tidak sama dengan LTE B3 dan B8 pada operator di indonesia. Tetapi jangan terlalu khawatir bro, karena 3G dan H+ lancar tanpa kendala bro. Jadi internet masih relatif cepat di ponsel ini.


Gaming Experience


Untuk performa gaming, ponsel ini berani di adu dengan ponsel kelas atas lainnya. Semua game di playstore yang sudah saya coba berjalan lancar dengan performa optimal di ponsel ini.



Score benchmark Quadrant dan Antutu
Namun ketika saya coba main Monster Hunter 3rd Portable menggunakan PPSSPP, framerate masih belum full 30 fps, cuman dapat rata-rata 15 fps (frameskip 1) pada arena dan 12 fps di village. Wajar saja bro, PPSSPP hanya bekerja maksimal di desktop atau ponsel dengan GPU Nvidia Tegra seperti Shield. Tapi banyak pilihan game di playstore yang masih bisa dimainkan bro :') (mencoba untuk menghibur diri)



Rooting, dan Custom Firmware

Ponsel ini memiliki bootloader yang tidak bisa di unlock, yang mana berarti no custom kernel yang menyebabkan  no overclock  dan no cyanogenmod, duh! Tapi, masih bisa root dan install custom stock based firmware bro, tenang ajaDi beberapa forum juga saya lihat ada yang berhasil install CM13 pada ponsel ini, entah bagaimana, tapi saya ga minat, hehehe.




Kesimpulan

Ya, tanpa panjang lebar saya bisa katakan bahwa ponsel ini, walaupun beli bekas dan murah, namun jauh diatas ekspektasi saya. Kebutuhan sehari-hari seperti sosial media, game, internet dan lain-lain mampu di akomodir dengan spec-nya yang mumpuni. Pokoknya tidak dibuat kecewa dah.

Bagaimana bro-bro sekalian, mungkin ponsel ini bisa jadi pertimbangan bagi kalian yang mau ganti, tapi males ngeluarin banyak duit. hehehe

Mungkin juga ada beberapa dari kalian yang punya pengalaman sama atau mau tau lebih tentang ponsel ini, kalian bisa comment dibawah bro.

Yaudah bro, sekian dulu sharing kali ini.
Semoga bermanfaat :D   

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.