Monday, April 10, 2017

Setting PPSSPP Android Full Speed: Naruto Shippuden Ultimate Ninja Impact


Halo bro, makin awet muda aja nih..

Selamat nyasar kembali pada blog manfaat ini bro..

Saya tau bro, saya tau kalian yang nyasar ke artikel ini berusaha mencari solusi bagaimana caranya main game Naruto Shippuden ini di PPSSPP supaya lancar dan smooth.

Main game PPSSPP memang mengasikkan bro, namun hanya kalau gamenya jalan selicin oli.

Tapi bagaimana jadinya jika ternyata kalian diganggu oleh lag yang tak bisa dihindari di game ini, terutama ketika ketemu banyak musuh?


Yah, tepat sekali bro, musuh di naruto juga musuh kita di dunia nyata ketika main game ini, karena berkat mereka yang muncul secara massif, game kita yang full framerate 30 fps jadi lag tidak karuan. Terimakasih musuh...:)

Tapi tenang saja, saya punya solusinya..



Walau kalian nyasar, tapi percayalah, kalian nyasar pada artikel yang tepat.

Sebelum saya mulai, kalian perlu tau kalau artikel ini bukan artikel asal-asalan, melainkan bedasarkan data yang saya peroleh dari melakukan benchmark manual.

Nah benchmark ini saya lakukan dengan memainkan game tanpa frameskip dan mengaktifkan pilihan atau hack satu per satu tanpa mengaktifkan pilihan hack lain. Jadi didapatkanlah kontribusi dari masing-masing setting.

Perhatian: untuk menjaga kemurnian settingan ini, disarankan kalian reset pengaturan terlebih dahulu. Ini bisa dilakukan dengan menghapus setting pada menu. Atau kalau tidak mau ribet, kalian bisa download settingan saya di akhir post.

Disclaimer: Saya tidak akan bertanggung jawab atas apapun yang terjadi dengan ponsel kalian setelah menerapkan tips pada artikel ini. Hal yang dapat terjadi meliputi dan tak terbatas pada: hp panas karena keasikan main akibat performa yang meningkat pada game. Do with your own risk :)


Oke, langsung saja kita bahas. Dimulai dari settingan yang menambah performa dulu.

Peningkatan Performa

Ada beberapa pilihan yang harus kalian aktifkan jika ingin mendapatkan peningkatan performa game, diantaranya:

Nyalakan Hardware Transform dan Vertex Cache

Seperti yang diharapkan, hardware transform memberikan feedback positif pada game ini.
Tampilan setting hardware transform dan vertex cache
Aktifkan Hardware Transform dan Vertex Cache

Pilihan yang satu ini berkontribusi 2 fps atau 6.667%, yang diperoleh dari 2/30x100 pada benchmark yang saya lakukan pada game, khususnya ketika musuh datang bergerombol dan mejeng di layar. Kalau frameskip di set 1, nambahnya 1 frame atau 1/15x100= 6.667% juga.

Jadi pilihan ini wajib kalian aktifkan jika ingin mendapatkan peningkatan performa game.

Aktifkan Software Skinning

Game ini nampaknya juga mendapatkan keuntungan dari mengaktifkan pilihan software skinning bro. Hal ini bisa dilihat dari penambahan 3,333% dari keseluruhan performa. Jadi ya saya rekomendasikan kalian mengaktifkan pilihan ini bro.

Jangan Pakai Multithread

Saya tau apa yang kalian pikirkan bro, kalau multithreaded itu kedengarannya bakal meningkatkan performa game. Tapi tidak di game ini bro.
Tampilan untuk menonaktifkan multithread
Nonaktifkan Multithread

Jika kalian pakai multithreaded, game kalian akan mengalami minor slowdown pada area yang tidak ada musuh sekalipun, sekitar 1-4 frame per detik.


Anehnya dengan benchmark yang saya lakukan ketika melawan musuh yang banyak, hal ini tidak terlihat jelas.

Saya sudah test berkali-kali, namun dengan pilihan ini aktif, jarang sekali saya dapat 30 fps, paling-paling cuman 25 atau 29 fps.

Tapi kalian masih dapat melakukan percobaan di ponsel kalian. Kalian bisa coba menghidupkan opsi multithread dan rasakan sendiri perbedaannya.

Setidaknya, di ponsel saya, ketika opsi ini di nonaktifkan, game running pada 30-31 fps, bahkan ketika combat tiga lawan satu.

Gunakan Buffered Rendering dengan autoframeskip 5 (wajib)

Saya tahu bro, tapi pilihannya cukup sulit.

Disini kita akan mengorbankan framerate game sedikit demi lancarnya permainan ini. Duh!

Tampilan untuk memilih frameskip dan autoframeskip
Set Frameskipping 5 beserta Auto Frameskip

Tapi kita tidak akan mengorbankan framerate pada seluruh permainan, hanya pada ketika kita musuh tiba-tiba muncul secara masif dan tidak terduga.

Kenapa bisa?

Thanks to auto-frameskip, kita bisa menyesuaikan frameskip sesuai kebutuhan emulator. Dengan fitur ini game kita akan melakukan skipping frame hanya pada saat lag, yang menyebabkan game akan selalu running pada speed 100%.

Hal ini tentu berbeda ketika kita setting emulator dengan Non-Buffered Rendering. Pada mode ini, auto frameskip tidak berlaku. Jadi jika kita lakukan frameskip, akan selalu membuang frame bedasarkan setting kita. Tapi, jika kita tidak melakukan hal tersebut, pas ada musuh banyak, speed emulator malah drop, macem slow motion, cuman kontrol juga ga respon (singkatnya ga bisa dimainin)

Baca Juga: PPSSPP lambat, mungkin saatnya kalian coba aplikasi ini!
Jadi, mendingan kalian ikuti saran saya supaya tetap bisa mainin game ini di ponsel kesayangan kalian. hahaha

Nonaktifkan simulate block transfer effect

Sebenarnya pilihan ini identik dengan buffered rendering, namun saya sarankan agar di nonaktifkan saja. Selain menambah beban emulator, settingan ini dapat memperbaiki tampilan efek yang dihasilkan game. Nah, pada kasus game Naruto ini, pilihan ini memperbaiki beberapa scene yang terlihat nge-blank, tentunya dengan drop pada performa secara signifikan sebagai gantinya.

Nah itu dia beberapa yang dapat kalian lakukan untuk menambah performa, lalu bagimana dengan estetika? Mari lanjut baca artikel menarik ini :)


Menjaga Tampilan Game

Settingan di bawah ini sebenarnya tidak memberikan efek kepada performa. Namun yang saya tulis di bawah ini dapat kalian pertimbangkan untuk menjaga tampilan atau estetika game. Settingan tersebut meliputi:

Rendering Resolution 2xPSP

Mungkin beberapa dari kalian bakal memilih 1xPSP, tapi saya bisa bilang, baik 1xPSP atau 2xPSP itu tidak ada perbedaan di game ini jika dilihat dari performa game. Game kalian akan tetap full 30 fps pada combat one-by-one biasa dan akan tetap lag pada saat musuh muncul banyak di layar.

Tampilan untuk set rendering resolution pada 2xPSP
Rendering Resolution di set pada 2XPSP


Nah, daripada setting low quality tapi performa sama dengan high quality, ya mendingan saya pilih yang high quality dong bro. Jangan lupa juga untuk set display resolution nya pada 2xPSP atau same as rendering resolution.

Aktifkan Hack Untuk Keakuratan Tampilan

Jika kalian mengalami glitch pada tampilan game, seperti foto naruto yang muncul memenuhi layar, kalian bisa aktifkan pilihan ini bro:
  • Mipmapping
  • Lazy texture caching
  • Retain Changed Texture
  • Disable Slower Effect
  • Timer Hack
Untuk glitch foto naruto, saya sebenarnya belum tahu pasti penyebabnya. Disamping munculnya secara random, saya juga males ngecek. Yang penting dengan settingan di atas, glitch tersebut tidak pernah muncul kembali bro.. Hahaha.. (maafkan bro)

BONUS: Setting Combo key untuk Ninja Step

Ninja step sebenarnya dapat dilakukan dengan menekan tombol R dan X secara bersamaan. Biasanya sih saya gunakan untuk menghindar dari serangan musuh sebelum kena pukul. Tapi yang jadi masalah mencetnya agak susah supaya barengan bro.

Tampilan untuk set combo key
Combo key 1 di set pada R dan X

Nah, disini saya setting combo key 1 sebagai shortcut untuk menekan kedua tombol tersebut bro, jadi setiap pencet ninja step dijamin sukses dilakukan.


Itu dia settingan yang saya terapkan pada smartphone saya. Untuk file konfigurasi saya, kalian bisa download di sini (password: lewalewalewa)

Itu dulu bro, saya cukupkan saja sharing kali ini.

Kalian bisa bereksperimen, atau jika kalian punya pendapat lain, kalian bisa share dengan comment di bawah. Kalau kalian tidak comment, saya tidak akan tau apakah setting ini juga jalan pada smartphone kalian. Oke bro?


Bye..

Artikel Terkait

16 comments:

Powered by Blogger.