Tuesday, October 20, 2020

10 Game PPSSPP Android Terbaik Yang Lancar Dimainin Di HP Kentang Sekalipun, Dijamin!

10 Game PPSSPP android terbaik dan lancar


Udah bosen main game yang itu-itu saja ?

Bingung mencari game PPSSPP Android terbaik lainnya ?


Huft..

Sudah lama rasanya saya tidak menulis mengenai PPSSPP lagi.

Tapi tenang..

Kali ini saya akan menebus dosa-dosa tersebut dengan sebuah artikel kompilasi 10 Game PPSSPP Android Terbaik yang lancar dimainin di HP kentang sekalipun.

(Based on pengalaman pribadi)


10 Game PPSSPP Android Terbaik

Nah, sebelum kita mulai, pastinya tau dong apa itu hp kentang.

Definisi Kentang yang kita pakai disini adalah "Kena Tanggung" alias HP yang memiliki spesifikasi lebih rendah jika dibandingkan dengan kompetitornya di harga yang relatif sama.

Jadi kalau HP kalian spec nya nanggung, ya masuk kategori kentang ini boss..

Hahahaha... (kita sama 😂 )


Tapi memiliki HP kentang bukan berarti akhir dari segalanya, mas

Karena seperti yang saya katakan diatas, game-game yang akan saya share merupakan game yang "bisa lancar" dimainkan pada ponsel entry level sekalipun


Baik, kita mulai saja bahasan ini.


#1. God of War: Ghost of Sparta

Sepertinya ini merupakan game terbaik sepanjang masa yang ada di PSP.

God of War merupakan seri game yang memiliki beberapa game populer, salah satunya seri Ghost of Sparta.

Game ini menceritakan tentang perjalanan sesosok hero mitologi, Kratos, yang dihantui oleh cerita kelam masa lalunya, dan memutuskan untuk mencari cara untuk menghapus ingatan tersebut.

10 Game PPSSPP android terbaik dan lancar


Namun pada petualangannya, Kratos banyak menemui makhluk-mahkluk mitologi beserta dewa-dewa Yunani yang pada akhirnya harus ia hadapi demi mencapai tujuannya.
 
Nah, seperti yang pernah saya ulas di artikel Cara setting PPSSPP God of War: Ghost Of Sparta, seri game ini merupakan game yang berat ketika dimainkan di ponsel android karena framerate internalnya.

Tapi dengan menggunakan trik cheat framerate 30fps yang saya share di artikel itu, game ini bisa dimainkan dengan lancar tanpa lag yang signifikan. 


Yang saya suka dari game ini:

  • Alur cerita yang asik dan menghanyutkan
  • Merupakan alur ke empat dari seri God of War secara kronologi
  • Gaya bertarung combo-based penuh
  • Banyak tersisip rahasia-rahasia, sehingga selalu dibuat penasaran
 

#2 Monster Hunter 3rd Portable

Monster Hunter merupakan seri game Action RPG yang sangat populer. 

Game ini menceritakan tentang kehidupan seorang pemburu pada sebuah desa bernama Yukumo, sebuah desa yang selalu berada pada ancaman serangan monster buas yang dahshyat.

Ada banyak monster yang hidup disekitar desa Yukumo, dan kita sebagai seorang pemburu dibayar oleh kepala desa untuk menyelesaikan setiap misi-misi penting yang ada.

10 Game PPSSPP android terbaik dan lancar



Dalam persiapan mengalahkan monster-monster tersebut, kita disuguhkan beberapa misi yang memberikan kita waktu untuk berlatih dan mengupgrade segala yang diperlukan sebelum berhadapan dengan monster yang lebih besar.

Untuk performa, game ini bisa dibilang sangat baik, bahkan tanpa melakukan settingan khusus sekalipun. 

Namun, jika kalian merasakan sedikit lag, mungkin ada baiknya kalian mengikuti settingan yang pernah saya tulis di Cara Setting Monster Hunter 3rd Portable.

Hal yang saya sukai dari game ini adalah:

  • Grafik yang bagus, bahkan ada versi HD
  • Gaya bertarung yang menuntut strategi tepat berdasarkan tipe monster
  • Banyak pilihan senjata dan armor yang keren-keren
  • Misi yang cukup banyak

#3 Harvest Moon: Hero of Leaf Valley

Seri Harvest Moon merupakan seri game simulasi yang paling populer di Play Station.

Pada Harvest Moon: Hero of Leaf Valley ini kita berperan sebagain seorang anak yang datang dari kota ke sebuah desa bernama Leaf Valley, untuk mengambil barang peninggalan kakeknya yang baru saja meninggal. 

Nah, ketika sampai di desa tersebut, si anak ini baru tau kalau desa dan ladang milik kakeknya ini akan dijadikan taman bermain oleh sebuah perusahaan besar. 

Ketika tidak sengaja bertemu dengan kurcaci dan seorang peri, si anak ini kemudian dimintai tolong untuk menyelamatkan desa, yang mana seperti yang kita tau si anak ini meyetujui akan membantu untuk menghentikan perusahaan besar tersebut. 

Jadi misi utama kita sebagai anak tersebut adalah mencari potensi desa tersebut dan menggagalkan usaha pembangunan taman bermain dengan berbagain cara yang ada.

10 Game PPSSPP android terbaik dan lancar




Intinya game ini merupakan game tentang bercocok tanam, beternak, dan bersosialisasi dengan warga sekitar.

Kita juga dapat menjalin hubungan asmara dengan salah satu karakter gadis di game ini, sampai pada akhirnya menikahinya.

Performa game ini juga sangat baik, tanpa menyentuh setting khusus sekalipun. Untuk glitch juga tidak pernah saya temui selama bermain game ini. 

Jadi game ini sangat saya rekomendasikan untuk kalian coba juga (gapake cheat lho ya)

Yang saya suka dari game ini adalah :

  • Grafik dan kontrol yang baik 
    (walau kadang mengakses tas dan perlengkapan agak ribet)
  • Alur cerita yang bagus dan menarik
  • Terasa sangat ringan dan tidak boros daya.


#4. God of War: Chain of Olympus

Satu lagi game dari seri God of War yang akan mengajak kita menelusuri kisah merana dari Kratos, dewa perang baru yang brutal, dan diselimuti dendam.

Kali ini seri ini menceritakan kisah ketika Kratos masih melayani dewa-dewa Olympians. 

10 Game PPSSPP android terbaik dan lancar


Suatu ketika ia dikirim oleh Athena ke sebuah tempat bernama Attica untuk melawan bangsa Persia yang menyerang. Kemudian setelah berhasil mengalahkan raja Persia, tiba-tiba langit menjadi gelap, dan matahari jatuh ke suatu tempat. Ternyata dewa matahari telah diculik, dan Kratos pun diberi misi baru untuk menemukan Helios, sang dewa matahari, untuk mencegah kehancuran dunia.

Untuk performa game ini, kurang lebih sama dengan God of War versi Ghost of Sparta. 

Karena game ini juga cukup berat, saya sarankan bagi kalian pengguna ponsel midrange kebawah supaya menggunakan cheat 30fps yang sudah pernah saya bahasi di artikel Cara Setting God of War: Chain of Olympus.

Nah, hal yang saya sukai dari game ini adalah

  • Sama seperti seri God of War lain, dimana memiliki grafik yang bagus
    hanya saja memiliki alur cerita yang lebih pendek.

#5. Ratchet and Clank: Size Matters

Ratchet dan Clank merupakan dua sahabat yang kebetulan bertemu pada sebuah kecelakaan pesawat.

Awal petualangan mereka dimulai ketika clank, si robot kecil membeberkan rencana besar seorang pengusaha (dan juga penjahat) bernama Drek yang ingin menghancurkan planet-planet di galaksi Solana, demi membentuk sebuah planet baru untuk kaumnya.

Setelah berhasil mengalahkan Drek dan menyelamatkan galaksi Solana, mereka berdua dikenal sebagai pahlawan pelindung galaksi dan mulai melakukan berbagai petualangan di setiap seri Ratchet and Clank yang rilis.

10 Game PPSSPP android terbaik dan lancar


Nah, di seri Size Matters ini, liburan yang sedang mereka nikmati di planet Pokitaru terganggu oleh misteri hilangnya seorang anak yang sempat mewawancarai mereka untuk tugas sekolahnya. 

Dalam perjalanan mencari anak tersebut, mereka menemui beberapa kejanggalan, salah satunya munculnya sebuah artifak bangsa kuno Technomites yang keberadaannya diragukan Ratchet. 

Nah, sekarang kita diajak untuk menelusuri sebab menghilangnya si anak tadi, dan mengungkap berbagai kejanggalan yang ada.

Game ini sangat lancar dimainkan di ponsel saya pribadi pada versi PPSSPP terbaru, walau dibutuhkan sedikit frameskip untuk menjaga performa supaya tetap lancar.

Hal yang saya suka dari game ini adalah

  • Genre game Action Platformer, lebih banyak gerak dan action
  • Combat style yang asik dengan banyak senjata dan gadget yang keren.
  • Cerita seru dan menarik


#6. Daxter

Bagi yang pernah memainkan game Jak & Daxter di console PS2, pasti sudah bagaimana kisah awal petualangan duo yang satu ini.

Daxter merupakan seorang manusia yang berwujud Ottsel (gabungan hybrid antara Otter dan Weasel) akibat dari kecemplung ke kolam Dark Eco. 

Di seri kali ini, Jak ditangkap dan dikurung oleh Krimzon Guard, sehingga memaksa Daxter untuk melarikan diri, dan sementara menjalani hidupnya sendiri. 

10 Game PPSSPP android terbaik dan lancar


Sekarang, Daxter bekerja sebagai pembasmi serangga guna mengatasi invasi dari Metal Bug yang akan datang, dan bersamaan dengan itu, kita diajak untuk menelusuri kisah Dakter dalam mencari cara untuk menyelamatkan sahabatnya, Jak.

Performa game ini bisa dibilang cukup baik, hanya saja akan terjadi framedrop di beberapa area yang luas. 

Saya sarankan jika kalian berniat untuk memainkannya, kalian bisa mengaktifkan frameskip untuk mengkompensasi speed yang turun.

Yang saya sukai dari game ini adalah:

  • Genre game platformer, banyak gerak dan lompat-lompat.
  • Grafik lumayan oke


#7. GTA Vice City Stories

GTA Vice City Stories merupakan game bergenre Action-Adventure yang mengisahkan tentang seorang kopral militer bernama Victor Vance yang dikhianati oleh atasannya, yang menyebabkan dia dipecat secara tidak hormat, dan akhirnya hidup blangsak di jalan. 

Dalam usahanya membangun kembali kehidupannya, dia malah semakin terjerumus ke dalam bisnis gelap yang membuat namanya besar di Vice City. 

10 Game PPSSPP android terbaik dan lancar


Di kehidupannya yang baru ini, ia menemui berbagai macam masalah, dan salah satunya membuat dia harus berhadapan dengan mantan atasannya dulu di militer untuk balas dendam.

Performa dari game lebih dari ekspektasi saya, walau ketika kita mengemudikan kendaran dengan ngebut, akan terjadi framedrop sedikit.

Hal yang saya sukai dari game ini adalah:

  • Game open world, bisa sana-sini suka-suka
  • Cerita yang menarik


#8. Kingdom Heart Birth by Sleep

Siapa yang tidak tau Kingdom Heart?

Kingdom Heart merupakan seri game crossover antara Square Enix dan Disney pada sebuah dunia fiksi, yang mana kita diajak untuk menelusuri dunia tersebut dan bertemu dengan berbagai karakter dari Square Enix, Disney dan Pixar.

10 Game PPSSPP android terbaik dan lancar


Nah, Birth by Sleep ini merupakan prequel dari seri original Kingdom Heart, kita kembali ke 10 tahun sebelum terjadinya event original dari game Kingdom Heart yang pertama.  

Saya tidak mau menjelaskan gimana alur game ini, karena saya pun terkadang bingung sendiri.

Kalau kalian tertarik, mending kalian mainkan, karena performa game nya mantap lanjay!

Yang saya suka dari game ini:

  • Game dengan elemen hack-and-slash
  • Unik :)


#9. Monster Hunter Freedom Unite

Sama seperti game monster hunter pada umumnya, game ini tentang memburu monster-monster besar dan membuat berbagai perlengkapan dari monster tersebut.

10 Game PPSSPP android terbaik dan lancar


Game ini merupakan ekspansi dari game sebelumnya, Freedom 2, dimana terdapat lebih banyak misi, item dan kemampuan untuk mengajak seekor kucing untuk jadi asisten pribadi.

Jika dibandingkan dengan versi 3rd Portable, saya jujur lebih suka dengan yang 3rd Portable.

Tapi saya sarankan kalian coba juga yang ini, karena setiap seri Monster Hunter memang pantas dicoba.


#10. GTA Liberty City Stories

GTA versi ini merupakan prequel dari seri GTA III dan mengambil set tiga tahun sebelum event dari GTA III.

10 Game PPSSPP android terbaik dan lancar


Kali ini kita diajak menelusuri kisah dari seorang anggota geng keluarga Leone bernama Antonio Cipriani, dan perjalanannya di Liberty City setelah sekian lama bersembunyi.

Sama seperti game GTA pada umumnya yang seru, game ini juga asik dimainkan.

Jadi saya sarankan kalian coba juga.




Oke, itulah 10 game PPSSPP terbaik yang lancar dimainkan di HP kentang sekalipun. 

Ga banyak sih, tapi lumayan untuk menambah katalog game di HP kita.

Saya sadar masih banyak game bagus lain yang bertebaran di luar sana.

Tapi selama belum saya mainkan dan uji coba tingkat kelancarannya, belum bisa saya tulis disini.


Nah, mungkin kalian ada rekomendasi lain lagi? atau ada pertanyaan ?

Kalian bisa tuliskan semuanya di kolom komentar di bawah.

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment