Saturday, April 22, 2017

Bosen Sama Smartphone Kamu? Ubah Saja Jadi Metal Detector!


Halo bro, muncul lagi nih artikel aneh dari ngelewa.com

Kali ini kita memiliki misi yang sangat penting, yaitu membuat smartphone kita menjadi metal detector. wow!

Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan istilah ini, namun apakah mungkin smartphone yang biasanya dipakai untuk nelpon dan facebookan diubah menjadi alat pendeteksi metal?

Sangat Mungkin bro!

Bayangkan apa saja yang bisa dilakukannya dengan kemampuan barunya itu. Kalian bisa menggunakannya untuk memeriksa teman-teman kalian, kali aja mereka membawa senjata tajam saat bertamu ke rumah, kan bahaya bro..

Tapi Bagaimana Caranya?

Caranya sangat mudah bro. Kalian tidak perlu membongkar ponsel kalian untuk dapat di ubah menjadi metal detector. 

Yang perlu kalian lakukan adalah menginstal aplikasi Metal Detector di play store untuk dapat merasakan kemampuan lain dari smartphone kalian. Aplikasinya juga gratis, ga perlu bayar apa apa.


Tampilan Metal Detector di Android
Tampilan Metal Detector

Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan...

Smartphone kalian sudah harus memiliki sensor magnetic atau magnetometer bawaan. Tandanya bisa diihat dari bisa tidaknya ponsel diinstal aplikasi kompas. Kalau bisa, ya berarti berisi magnetometer, kalau tidak ya bukan berarti tidak isi bro, mungkin hanya "belum isi"

Kalian mungkin perlu tau Macam-Macam Sensor yang Dibenamkan di Smartphone Masa Kini

Tanpa sensor ini, aplikasi detektor metal ini tidak akan bekerja bro. Ini disebabkan karena aplikasi ini menggunakan data yang dihasilkan dari sensor magnetic untuk dapat menentukan perubahan bidang magnetik saat ada benda metal di dekat ponsel kalian.

Nah, pembicaraannya sudah mulai serem nih..

Jadi, sebenarnya logam tertentu akan mempengaruhi medan magnetik ponsel jika didekatkan. Nah, dengan data inilah aplikasi ini bekerja.

Cara Pakainya Gimana?

Sekali lagi saya katakan bro, sangat mudah..

Kalian cuma perlu buka aplikasi dan lakukan kalibrasi dahulu jika diperlukan. Kemudian kalian ambil seonggok besi yang nantinya di ditempelkan pada beberapa bagian smartphone.

Kenapa perlu ditempelkan di beberapa bagian ? 

Ya, ini dikarenakan fakta bahwa smartphone kita memiliki bagian yang memang sensitif terhadap logam tersebut. Hal ini mungkin dikarenakan oleh perbedaan lokasi dari sensor magnetik pada setiap smartphone. 

Jika sudah ketemu dengan bagian sensitif tersebut, maka selamat, anda sudah bisa mengubah smartphone kalian menjadi sebuah perangkat detektor metal!

Selain logam, bisa deteksi apa lagi ? 

Segala hal yang mengasilkan gelombang elektromagnet bro, termasuk perangkat elektronik juga dapat dipindai dangan aplikasi ini. Jadi kalau didekatkan dengan smartphone lain, maka aplikasi ini akan mengeluarkan respon yang sama ketika didekatkan dengan besi.

Wah, bisa deteksi emas juga dong ya?

Memang emas merupakan logam (logam mulia bro), namun sebenarnya aplikasi ini hanya mampu mendeteksi logam yang memiliki sifat ferromagnetic. 

Nah apa lagi tuh?

Logam ferromagnetic merupakan logam yang kuat menarik garis gaya magnet seperti besi, nikel, kobalt, dan gadolinium. Selain logam tersebut, pengaruh terhadap garis gaya magnet sangatlah kecil, begitu juga emas. Jadi, logam seperti emas tidak akan terpindai dengan aplikasi ini.

Hal yang sama berlaku pada logam non-ferromagnetic lainnya seperti alumunium contohnya. 

Disini alumunium memiliki sifat paramagnetic yang artinya memiliki kerentanan yang kecil terhadap magnet. 

Intinya benda memiliki pengaruh kecil atau tidak ada sama sekali pada magnet tidak akan dideteksi dengan aplikasi ini. Duh!

Saya mengerti bro, banyak yang kecewa, namun apa daya bro. Bukan salah aplikasinya juga bro, melainkan ini adalah keterbatasan kemampuan sensor magnetometer pada smartphone, yang mana fungsi sebenarnya cuman buat kompas doang.


Bottomline

Ya walaupun dengan berbagai keterbatasannya, tetap saja aplikasi ini cukup unik bro. Pendapat saya sih aplikasi ini bagus buat iseng-isengan. Cuman kalau dipakai untuk mencari logam kayaknya engga deh, pasalnya kita juga belum tentu tau logam yang kita cari itu bakal bisa dideteksi atau kaga. Kemarin aja kunci motor didepan mata ga bisa dideteksi bro, dan benar saja, ternyata kunci motor saya tidak terbuat dari besi...

Sekian dulu artikel kali ini bro, kalian bisa share pengalaman kalian dengan comment di bawah. Kalian tidak setuju dengan tulisan ini, juga bisa comment di bawah. Jangan lupa subscribe bro. Tetap semangat jalani hidup bro..

Untuk download "Metal Detector"

Temukan di Google Play

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.