Sunday, April 2, 2017

Ukur Detak Jantung di Smartphone Tanpa Sensor Dengan Aplikasi Ini!


Halo bro,
Nyasar lagi di blog yang sangat bermanfaat ini..
sudah menjadi nasip kalian bro... hahahaha

Tapi kali ini saya akan berbagi info yang super manfaat, kalian ga akan kecewa.

Apa itu?

Trik mengukur detak jantung tanpa menggunakan cardiograph ataupun pulsometer sekalipun.


Mungkin kalian juga perlu baca ini: Berbagai sensor yang dibenamkan pada smartphone masa kini


Daftar Isi
Sekilas tentang aplikasi
Cara kerja aplikasi
Tingkat Akurassi
Aplikasi sejenis

Sekilas tentang aplikasi

Bagi kalian yang peduli dengan kesehatan jantung, atau sekedar iseng, sekarang kalian bisa pamer sama temen kalian.

Pasalnya nih ya, untuk mengukur detak jantung di smartphone ternyata tidak begitu memerlukan sensor pulsometer seperti yang ada pada iklan ponsel mahal bro. Cukup dengan kamera dan bantuan flash light di smartphone, kalian langsung bisa mengukur denyut nadi secara live!

Nama aplikasinya Instant Heart Rate...

Tampilan utama instant heart rate
Tampilan utama Instant Heart Rate


Cara mengunakan aplikasinya cukup mudah. Kita cuma perlu menempelkan ujung jari kita di kamera smartphone, terserah yang kiri atau yang kanan, nanti angkanya keluar bro.

Cuman perlu nempelin jari
Cuman perlu nempelin jari


Ada graphic nya juga lagi, jadi terlihat meyakinkan.

Nah, saya sempet nih membandingkan dengan denyut yang saya ukur secara manual, yaitu dengan menempelkan ujung jari pada tangan yang lain ke pembuluh nadi di pergelangan tangan. Hasilnya sama bro, dengan toleransi 1-2 bpm.

Terus apa untungnya ngukur dengan aplikasi ini kalau kita bisa ukur tanpa alat sama sekali?

Ya saya bisa bilang lebih hemat waktu bro. Bayangkan kalian perlu 1 menit untuk mengukur denyut nadi sementara dengan aplikasi ini kalian bisa ukur dengan 10 detik.

Kalian telah menghemat 50 detik dari hidup kalian yang berharga bro.

Lagian kalau pakai aplikasi akan terlihat lebih bergaya daripada cara tradisional...

 

Tapi bagaimana mungkin?

Awalnya saya sendiri tidak percaya sama yang beginian bro, namun setelah mencoba menggunakan aplikasinya, eh ternyata cara kerjanya cukup masuk di akal saya.

Jadi Begini..

Jantung kita kan normalnya memompa darah tuh (iya lah..), nah saat itu darah akan mengalir ke pembuluh nadi lalu masuk ke pembuluh kapiler di setiap organ tubuh, seperti biasa bro..

Ketika kita menempelkan ujung jari pada kamera smartphone dengan disinari oleh flash light nya, kamera ponsel kita akan menangkap citra dari pantulan cahaya tersebut, umumnya gambar akan berwarna merah.

Tapi ada hal yang unik disini..

Ternyata saat darah dipompa dan melalui pembuluh kapiler, warna dari citra yang ditangkap akan berubah menjadi agak gelap. Lalu, ketika aliran darah sudah melewati pembuluh kapiler, citra yang ditangkap akan menjadi cerah kembali sehingga menimbulkan kesan sebuah denyut walau hanya dengan visual.

Terdapat perbedaan warna pada visual kamera
Perhatikan gradasi warna merah


Begitu seterusnya sampai membentuk irama yang konsisten.

Nah, citra visual inilah yang diinterpretasikan oleh aplikasi sebagai denyut nadi kita, kemudian di analisa frekuensi dari setiap perubahan kecerahan selama selang beberapa detik dan dihitung hingga didapatkan perubahan per menit.

Dan didapatlah frekuensi detak jantung kalian.

Jadi bukanlah sulap atau sihir ya bro.. hahaha

 

Bagaimana dengan tingkat akurasinya?

Oleh karena data yang didapatkan oleh aplikasi adalah data fisik yang bisa dipercaya, saya bisa katakan kalau  hasil yang ditunjukan merupakan hasil yang cukup akurat.

Tapi hati-hati bro..

Saya tidak akan merekomendasikan penggunaan aplikasi ini untuk hal yang berbau medis.

Oke jika kata "denyut nadi" cukup terdengar medis bagi kalian, tapi jangan gunakan data ini untuk menentukan apakah anda mengidap penyakit tertentu atau tidak.

Atau yang paling parah malah untuk mengukur denyut nadi orang yang mengalami gangguan jantung dan sebagainya. Bisa-bisa pas lagi apes, si sakit kumat nih, terus dia cek pake aplikasi, eh malah normal hasilnya.

Yaudah dia tidur abis itu (untuk selama-lamanya)

Data yang didapatkan memang akurat, namun kemungkinan relatif terhadap perangkat yang kalian gunakan. Bisa saja ternyata kamera yang dimiliki kurang sensitif terhadap perubahan citra yang ditangkap, atau terdapat error.

Lagipula tidak ada yang akan bertanggung jawab atas kesalahan pemakaian aplikasi bro...

Gunakanlah sebatas hiburan, walau tidak sekeren kedengarannya, setidakknya kalian masih bisa pamer ke teman-teman. Kan lumayan bro, bisa bikin  yang punya smartphone mahal dengan pulse sensor jadi kesel.

 

Aplikasi Sejenis

Nah, aplikasi ini tidak sendiri bro, ada juga saingannya yang lain. Saya sempat unduh yang namanya iCare Oxygen Monitor, dan ternyata memiliki lebih banyak fitur ketimbang Instant Heart Rate.

Salah satunya fitur untuk mengukur tingkat kejenuhan oksigen pada darah (Oxygen Saturation Level) atau spO2. 

Tapi saya kurang yakin sama yang satu ini,..

Pasalnya tidak ada yang tau cara kerjanya. Kalau dengan hanya menyinari dengan flashlight dan menangkap dengan kamera smartphone rasaya kurang meyakinkan.  Lagipula alat yang asli juga menggunakan sinar infra merah untuk menangkap cahaya yang terpantul dari ujung jari.

Dan tidak hanya spO2, masih banyak yang ditawarkan oleh iCare Oxygen Monitor.

Untuk perbandingan, saya lebih srek dengan Instant Heart Rate bro. Selain lebih clean desain interfacenya, hasil denyut yang dihasilkan juga lebih mendekati atau sama dengan hasil manual yang saya ukur sendiri.

Untuk Instant Heart Rate, kalian bisa langsung unduh di play store.
Temukan di Google Play

Akhir kata

Nah, itulah dia bro, cara ngukur frekuensi detak jantung per menit tanpa sensor pulsometer di android. 

Saya pikir, saya akan update tulisan ini ketika saya mendapatkan jawaban-jawaban lain atas rasa penasaran dengan fitur yang belum masuk di akal saya. 

Atau mungkin kalian punya tambahan atau pendapat lain? Kalian bisa tulis di komentar. Kalian juga bisa share artikel ini di medsos, kali aja ada yang srek sama artikelnya, lumayan kalian bisa dianggep temen yang canggih. hahaha


Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.