Thursday, October 19, 2017

Tingkatkan Kualitas Rekaman Audio Dengan Microphone External Super Murah Ini

Frustasi dengan kualitas rekaman smartphone yang buruk? Udah coba beberapa trik untuk meningkatkan kualitas rekaman, tapi masih juga hasilnya ga sesuai harapan? Oke, nampaknya saya tau apa yang kalian butuhkan.


Kalian perlu membaca tulisan ini sampai tuntas.

Kenapa Kualitas Rekaman Smartphone Begitu Rendah?

Pada beberapa kesempatan, kalian akan heran sendiri kenapa kualitas rekaman audio terkadang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Hal ini bukan tanpa alasan bro, tetapi seperti pada tulisan saya sebelumnya pada artikel Trik Jitu Merekam Suara Berkualitas dengan Smartphone,  beberapa vendor smartphone yang menyertakan audio recorder built-in mengatur settingan rekaman pada satu mode umum saja.

Maksud saya begini..

Dalam dunia rekam-merekam audio, ada banyak situasi.. Dan setiap situasi membutuhkan konfigurasi  ynag bberbeda..

Misalnya saja ketika kalian ingin merekam audio outdoor dan ingin membuat rekaman menjadi terasa lebih lebar. Konfigurasi yang kalian perlukan tentu saja rekaman audio stereo yang membuat suara terasa ada dimensi lebar dan kedalamannya.

Cuman, rekaman stereo membawa kita pada berbagai masalah seperti background noise yang berlebihan dan audio yang nge-pan ke kiri dan ke kanan seiring dengan saat kita memutar smartphone kita saat merekam, atau yang paling ngga asik adalah audio yang berat sebelah.

Disanalah kita jatuh pada kesimpulan "oke, rekaman audio stereo ga selamanya bagus", dan kalian pindah ke mode mono.

Nah, pada mode mono, suara yang dihasilkan jauh lebih clean dan jernih. Tentu saja tipe rekaman ini bagus untuk dubbing dan voice recording, dimana kejelasan audio lebih penting daripada efek ambiance audio tersebut.

Dan itu baru satu masalah.

Masalah lainnya ketika merekam menggunakan smartphone adalah sumber audio yang agak jauh dari mic built-in smartphone ketika kita lagi nge-Vlog misalnya, yang mengakibatkan suara kita terdengar agak lemah, malahan lebih keras suara anjing yang gong-gong 100 meter jauhnya.

Kan kita tau tuh, pas ngerekam video menggunakan smartphone, otomatis smartphone kita yang bertindak sebagai kamera akan kita sesuaikan jaraknya supaya wajah kita kelihatan semua.

Ga mungkin dong kita tempelin microphone smartphone ke bibir, ntar malah video lobang hidung kita yang kerekam.

Dan saat kita punya solusi pintar untuk menaikkan level audio tersebut, malah muncul suara baru, yaitu suara mendesis.., duh!

Nah, dengan berbagai masalah tersebut, saya hadir membawa solusi..

Yaitu merekam dengan mic external tipe lavalier..

Sekilas tentang mic external ini

Mic ini namanya Neewer 3.5 mm mini microphone. Tampilannya lumayan menjanjikan dengan wind shield terpasang untuk melindungi mic terhadap noise yang dihasilkan dari hembusan angin.

Cara meningkatkan kualitas rekaman audio dengan microphone external murah
External mic tipe lavalier
Kabelnya yang panjang (1,5 meter) dan dilengkapi dengan klip sangatlah berguna bagi kalian yang ingin pasang pada kerah baju, model reporter gitu.

Dibandingkan dengan performa microphone internal pada smartphone, mic ini memiliki hasil audio yang lebih.., gimana bilangnya ya? Pokoknya ga nyempreng dah, gak terlalu lebar kesannya. Suara yang dihasilkan juga lebih jelas. Pokoknya mirib rekaman studio gitu.

Namun rekaman yang dihasilkan selalu mono bro..

Ini dikarenakan mic jack 3.5 (TRRS) yang ada pada smartphone umumnya hanya mendukung satu channel microphone input, jadi ya suara yang dihasilkan juga mono, ga perduli kalian pakai mic stereo paling mahal sekalipun.

Biar kata kalian sudah setting stereo recording pada aplikasi perekam suara, hasilnya pun tidak true stereo, alias cuman sinyal mono yang di bagi menjadi dua channel yang sama

Tapi tunggu dulu bro...

Seperti yang saya bilang tadi..

Rekaman audio mono memberikan tingkat suara yang lebih bersih, mirib studio, dan noise yang lebih sedikit ketimbang stereo recording. Rekaman tipe ini juga memiliki ukuran file setengah dari rekaman stereo. Jadi ya kalian mesti pertimbangkan lagi sebelum mulai merekam

Nah, harga mic external ini juga murah bro, ga sampai 50 ribu, cocok bagi kalian yang ingin coba mic jenis lapel yang ga pengen buang-buang duit.

Cuman, karena mic ini menggunakan jack audio TRS yang tidak kompatible dengan port pada smartphone (TRRS), kita mesti menggunakan converter lagi, yang pada kesempatan kali ini saya menggunakan model U-shaped, dan bisa dibeli satu paket sama mic nya.

Cara meningkatkan kualitas rekaman audio dengan mic external murah
U-shaped TRS to TRRS converter
Oke, sekian sharing saya kali ini, semoga kalian mendapat sedikit informasi mengenai cara meningkatkan kualitas rekaman audio.

Kalau ada yang ingin di share, kalian bisa bagikan di kolom komentar.


Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment